Pengertian Dan Fungsi CMOS


Pengertian Dan Fungsi CMOS – Membahas tentang CMOS, mungkin kata ini terdengar asing bagi Anda yang tidak begitu mengenal komponen-komponen yang ada di dalam komputer. CMOS sendiri merupakan salah satu komponen komputer yang memiliki ukuran kecil. CMOS mempunyai peran yang cukup penting dalam operasi komputer.

cmos



Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai pengertian, fungsi, dan juga cara kerja CMOS. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaiman tanggal dan waktu pada komputer agar tetap sinkron walaupun komputer sedang dalam kondisi mati.

Hal tersebut disebabkan oleh teknologi pada komputer yang disebut dengan CMOS atau semi konduktor logam oksida pelengkap. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut mengenai CMOS, mari simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga: Jenis Jenis IC Dan Fungsinya

Pengertian CMOS

Pengertian CMOS

CMOS  adalah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai semikonduktor oksida logam komplementer. CMS merupakan sebuah chip (komponen dengan ukuran kecil) bertenaga baterai pada motherboard yang mampu menyimpan pengaturan BIOS serta memberikan daya ketika komputer tidak sedang menyala.

Teknologi CMOS pertama kali dipatenkan oleh Frank Wanlass pada tahun 1967. Pada umumnya CMOS akan diberikan daya oleh baterai sel CR2032 yang biasa disebut dengan baterai CMOS. CMOS sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari MOS. CMOS banyak digunakan dalam statis RAM, mikroprosesor, pengontrol mikro dan juga sirkuit digital yang lainnya.



Selain digunakan pada sirkuit digital, CMOS juga banyak di gunakan di berbagai sirkuit analog seperti konverter data, sensor gambar atau sensor CMOS, dan transceiver yang terintegrasi untuk berbagai macam jenis komunikasi.

Karakteristik CMOS

Karakteristik CMOS

Karakteristik utama dari CMOS adalah hanya menggunakan energi yang dibutuhkan. Dalam hal ini berarti bahwa sensor CMOS akan menggunakan lebih sedikit energi jika dibandingkan dengan sensor gambar yang lainnya.

Fungsi CMOS

CMOS berperan sebagai RAM dengan kapasitas kecil yang merupakan memori untuk menyimpan data hardware, pengaturan BIOS (Basic Input Output System), pengaturan tanggal dan waktu, pengaturan hardware, dan lain sebagainya. Data-data tersebut akan disimpan dalam konfigurasi yang tepat dan sinkron walaupun komputer sedang tidak dalam kondisi yang menyala.

Disamping itu, CMOS juga memiliki fungsi sebagai baterai yang bisa memberikan daya cukup rendah untuk menyimpan berbagai data penting pada sebuah komputer meskipun komputer sedang tidak menyala. CMOS mampu bekerja dalam jangka waktu yang sangat lama bahkan bisa sampai 5 tahun lebih. Berikut ini kami akan menjelaskan secara lebih lengkap mengenai fungsi CMOS.

cmos



  1. RAM (Random Acces Memory) dengan Kapasitas Kecil

CMOS memiliki fungsi sebagai RAM untuk menyimpan data ringan pada komputer seperti pengaturan boot hingga hasil pembacaan semua hardware atau perangkat keras.

  1. Konfigurasi Waktu dan Tanggal

Jika komputer sedang tidak menyala, CMOS masih tetap bisa mengatur tanggal dan waktu pada komputer tersebut. Dengan begitu maka ketika komputer dihidupkan, waktu dan tanggal yang terlihat sudah langsung singkron dengan yang sebenarnya. CMOS bisa mengatur waktu secara real time karena ia menyimpan daya dengan tegangan rendah untuk bisa melakukan hal tersebut.

  1. Menanamkan Baterai Tegangan Rendah

CMOS ditenagai oleh sebuah baterai yang ada didalamnnya yang disebut dengan baterai CMOS. Karena didalamnya memiliki daya maka CMOS mampu  membuat cadangan data sementara ketika komputer mati secara tiba-tiba. Jadi meskipun komputer sedang dalam kondisi mati selama ada CMOS maka data masih bisa disimpan sementara sehingga aman.

  1. Menyimpan Pengaturan Basic BIOS (Basic Input Output System)

Menyimpan Pengaturan Dasar BIOS



Leave a Comment