Pengertian Dan Jenis Jenis Baterai


Pengertian Dan Jenis Jenis Baterai –Di era modern seperti sekarang ini, baterai memiliki peran yang penting dan tak terlepas dalam kehidupan manusia. Seperti misalnya baterai yang digunakan dalam smartphone, baterai pada jam dinding, remote TV, AC dan lain sebagainya. Baterai sendiri memiliki berbagai macam jenis dan bentuk yang berbeda-beda.

Pengertian Dan Jenis Jenis Baterai



Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui pengertian baterai dan  berbagai macam jenis baterai yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Jenis Jenis Motor DC

Pengertian Baterai

Pengertian Baterai

Baterai merupakan suatu komponen yang terdiri dari 2 sel elektromikimia dan memiliki fungsi untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Pada umumnya baterai digunakan sebagai penambah daya pada berbagai perangkat lain seperti smartphone, senter, jam, dan juga mobil listrik.

Setiap baterai sudah pasti mempunyai dua kutub yang berbeda, yakni katoda (kutub positif) dan anoda (kutub negatif). Salah satu dari kedua kutub tersebut ada sebuah zat yang memiliki peran untuk mengalirkan arus listrik mulai dari anoda menuju katoda yang biasa disebut dengan elektrolit.

Kutub positif merupakan kutub yang memiliki energi potensial lebih tinggi dibandingkan kutub negatif. Sedangkan kutub negatif merupakan sumber elektron yang jika dihubungkan dengan rangkaian eksternal maka bisa mengalirkan energi menuju peralatan eksternal tersebut. Sementara itu, pengertian baterai menurut ahli adalah sebagai berikut:



  • Menurut lister (1993), baterai merupakan sekumpulan dari berbagai sel listrik yang biasa digunakan sebagai penyimpanan energi kimia yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

Fungsi Baterai

Fungsi Baterai

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa baterai memiliki berbagai macam jenis. Setiap jenis baterai sudah pasti memiliki fungsi yang berbeda karena ditentukan oleh perangkat yang menjadi penggeraknya. Sebagai contoh, baterai yang digunakan pada kendaraan  yang biasa disebut sebagai aki. Dalam hal ini baterai memiliki fungsi sebagai penstabil tegangan listrik pada saat kendaran dinyalakan.

Berbeda halnya dengan fungsi baterai yang digunakan pada smartphone. Fungsi baterai disini adalah sebagai sumber daya atau tenaga smartphone yang digunakan. Namun pada dasarnya tetap saja, fungsi utama baterai adalah sebagai sumber energi. Tanpa adanya energi listrik ini maka perangkat tidak akan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya.

Cara Kerja Baterai

Untuk lebih jelasnya, sebelum menjelaskan cara kerja baterai, saya perlu menjelaskan struktur atom dan bagaimana listrik mengalir.

Semua benda tersusun dari bagian yang sangat kecil yang disebut atom. Atom itu sendiri masih terdiri dari 3 bagian, proton, netron dan elektron. Proton bermuatan listrik positif, dan terletak di dalam nukleus atau inti atom, netron tidak bermuatan listrik, dan juga berada di dalam inti atom. Elektron bermuatan negatif, dan terletak di sekeliling inti atom dalam kulit elektron.



Leave a Comment