Pengertian Dan Jenis Jenis Antena


Sama halnya dengan antena omni, jenis antena ini mampu menampung hingga 5 klien dan biasa digunakan pada jaringan Point to Multi Point. Antena sectoral mempunyai polarisasi pada arah yang tertentu, yaitu 180 derajat.  Antena ini mempunyai gain mulai dari 10 sampai 19 dBi serta mempunyai cakupan yang tidak begitu luas. Namun meski demikian antena ini dapat menjangkau jarak yang lebih jauh.

Antena yang memiliki bentuk tabung ini biasanya dipasang secara vertikal dengan sectoral sudut sekitar 120 derajat, tetapi banyak juga yang melakukan pemasangan secara horizontal. Antena sectoral pada umumnya diaplikasikan oleh tower GSM HP.



  1. Antena Wajan Bolik

Antena Wajan Bolik

Antena wajan bolik ini hampir sama seperti antena parabolik, perbedaannya hanyalah pada bagian reflektor parabolic-discnya yang menggunakan bahan dari wajan. Jenis antena yang satu ini memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal yang berasal dari Hotspot dalam jarak jauh dan sulit sekali ditangkap oleh USB Wireless Adapter.

  1. Antena PVC

Antena PVC

Antena PVC tergolong dalam jenis antena pemancar Wifi yang dibuat dari bahan pipa PVC dan dilapisi dengan aluminium foil. Hal tersebut membuat antena ini memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap berbagai macam cuaca. Bahkan juga tidak mudah mengalami karat walaupun di pasang di luar ruang. Namun, antena PVC ini hanya bisa mencakup sinyal dari jarak dekat sekitar 200 sampai 300 meter saja.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh antena PVC:

  • Dapat memperkuat sinyal modern, ponsel, dan juga wlan USB
  • Mudah dalam pemasangan dan pembuatannya terbilang sangat simple
  • Memiliki harga yang terbilang murah jika dibandingkan dengan jenis antena yang lainnya
  1. Antena 8 Quad

 Antena 8 Quad

Antena 8 Quad ini pada prinsipnya masih menjadi bagian dari antena sectoral. Hal ini karena memiliki pola pemancaran yang searah jika dibuat sudut arah yang lebar.  Material antena ini lebih sedikit, memiliki ukuran yang kecil dan ringan. Sedangkan gain yang dimilikinya sekitar 14 dBi. Antena 8 Quad ini sering digunakan dalam acces point pada saat klien berada di suatu area.

Baca juga: Jumlah Lilitan Trafo Step Up Dan Step Down

Cara Kerja Antena

Antena pada umumnya terdiri dari elemen atau susunan berbagai bahan logam yang terhubung secara langsung dengan transmisi dari pemancar ataupun penerima yang berhubungan dengan gelombang elektromagnetik.

Dalam pembahasan mengenai cara kerja antena, disini kita akan mengambil contoh dari suatu stasiun pemancar radio yang tertarik untuk memancarkan progamnya, stasiun pemancar ini diharuskan untuk merekam musik ataupun menangkap terlebih dahulu suara si pembicara dengan menggunakan mikropon.



Leave a Comment