Pengertian 5R Dan 5S Di Tempat Kerja


Berikut ini adalah indikator yang digunakan untuk mengukur budaya kerja seikatsu:

  • Merawat tempat kerja
  • Menyusun struktur tugas dan tanggung jawab
  • Mentaati peraturan

Karyawan bisa dikatakan sudah menjalankan budaya kerja seikatsu jika 3S sebelumnya sudah dilakukan secara berkelanjutan. Semua karyawan akan selalu menjaga kebersihan tempat kerjanya. Adapun contohnya adalah merawat tempat kerja agar selalu dalam kondisi bersih tanpa adanya kotoran, sampah, tetesan tinta ataupun minyak.



  1. Budaya Kerja Shitsuke (Rajin)

Budaya kerja shitsuke adalah melakukan segala macam kegiatan dalam kantor dengan benar sebagai salah satu bentuk dari kebiasaan. Supaya karyawan bisa disiplin dan mematuhi aturan yang ada maka mereka harus diberikan motivasi untuk terus melakukannya.

Perusahaan juga harus memberikan pelatihan supaya kemampuan atau skill yang dimiliki karyawan semakin meningkat. Sehingga mereka nantinya mampu menjalankan tugasnya dengan baik, meskipun tugas tersebut tidak mudah untuk dilakukan.

Budaya kerja ini mengharuskan seluruh pekerja untuk mematuhi aturan dan prosedur kerja yang sudah ditentukan sehingga hal ini akan menjadi kebiasaan. Jika hal tersebut tidak dilakukan secara tidak sengaja, maka mereka akan merasa ada yang kurang.

Indikator yang digunakan untuk mengukur budaya kerja shitsuke adalah sebagai berikut:

  • Disiplin dalam menjalankan 5S/5R
  • Disiplin dalam mematuhi aturan kerja

Baca juga: Rumus Z Score Untuk Menghitung Data Excel

Cara Menerapkan Prinsip 5S/5R



Untuk menerapkan budaya kerja 5S/5R ini dibutuhkan tahapan dan urutan yang sesuai agar mendapatkan hasil secara maksimal. Jika misalnya tahapan pertama (seiri) tidak dilakukan secara maksimal maka tahapan berikutnya tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

Jadi dalam hal ini penting sekali untuk menjaga urutan konsep 5S ini agar hasilnya maksimal. Berikut ini adalah beberapa step yang harus dilakukan saat menerapkan metode 5S/5R ini:

  1. Melakukan perekaman yang bisa dijadikan sebagai perbandingan antara kondisi sebelum dan sesudah diberlakukannya metode 5S.
  2. Melaksanaan penerapan konsep 5S dengan baik.
  3. Menjadikan 5S sebagai salah satu bagian dari kegiatan kerja. Konsep ini memang harus dilakukan secara terus menerus hingga akhirnya menjadi kebiasaan yang baik bagi karyawan.
  4. Melakukan riview setelah menerapkan konsep yang satu ini. Tahap berikutnya adalah melakukan evaluasi mengenai bagian manakah yang sudah berjalan dengan baik atau masih belum. Selain itu, juga melakukan tindakan perbaikan pada bagian yang dirasa masih tidak maksimal.

Pentingnya 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seikatsu, Shitsuke)

5S atau 5R ini merupakan salah satu metode penting yang digunakan sebagai pondasi dalam TPM atau Total Productive Maintenance. TPM sendiri merupakan sebuah sistem yang biasa digunakan untuk memelihara serta meningkatkan kualitas produksi dengan cara merawat berbagai perlengkapan dan peralatan kerja.

Baca juga: Pemasangan Smoke Detektor

Manfaat Penerapan Budaya 5S/5R di Tempat Kerja

Menerapkan budaya kerja 5S/5R tentu akan memberikan banyak manfaat untuk perusahaan ataupun karyawan itu sendiri. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Dapat meningkatkan produktivitas karena pengaturan tempat kerja sangat efisien.
  2. Dapat meningkatkan kenyamanan karena tempat kerja selalu dalam kondisi bersih dan terasa luas atau lapang.
  3. Dapat mengurangi bahaya yang terjadi di tempat kerja karena tempat kerja sudah memiliki kualitas yang bagus/baik.
  4. Dapat menambah penghematan karena berbagai macam pemborosan yang ada di tempat kerja akan menjadi hilang.

Baca juga: Simpangan Kuartil Data Tunggal Dan Data Kelompok

Budaya kerja 5S ini sudah banyak digunakan di berbagai perusahaan atau organisasi. Dengan adanya budaya kerja ini terbukti banyak sekali perusahaan yang berhasil berkembang menjadi perusahaan maju dengan daya saing tinggi. Budaya ini bisa dijadikan sebagai investasi awal sebuah perusahaan untuk meraih kesuksesan secara berkelanjutan.





Leave a Comment