Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Mendengung


Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Mendengung – Mesin cuci adalah peralatan elektronika yang sering dipakai oleh orang – orang untuk membantuk pekerjaan dalam mencuci pakaia. Adanya mesin cuci ini sangat membantu karena dapat menghemat waktu selain dalam melakukan pencucian mesin cuci juga dapat menghemat waktu karena dapat mengeringkan pakaian juga.



Baca juga: Jenis Kerusakan Pada Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci memiliki beberapa bagian yang saling terhubung. Berikut adalah bagian – bagian dari mesin cuci beserta fungsi pada masing – masing bagian yaitu:

  • Mesin penggerak. Pertama – tama kita akan membahas tentang mesin penggerak. Mesin penggerak yang ada pada mesin cuci ini biasanya berupa dinamo yang dilengkapi dengan kapasitor starting dan running. Oleh karena itu mesin penggerak ini memiliki kekuatan yang tangguh dalam menjalankan fungsinya yaitu melakukan pemutaran pada tabung pencuci yang telah berisi air dan pakaian.
  • Bagian ini biasanya memiliki ukurna yan kecil. Fungsi dari bagian ini adalah dapat menghubungkan antara poros dinamo dengan poros tabung pencuci. Didalam mesin cuci ini valbelt terletak didalam rangkaian mesin cuci.
  • Gear Mesin. Salah satu bagian mesin cuci ini terdiri dari sekumpulan beberapa roda gigi yang memiliki fungsi sebagai pengatur dari pergerakan tabung pencuci. Pengaturan ini seperti pengaturan gerakan lambat, kencang, dan juga bolak – balik.
  • Tabung Pencuci. Pada mesin cuci tabung ini memiliki fungsi yaitu sebagai penampung dari air dan pakaian yang nantinya akan dicuci. Pada mesin cuci yang memiliki dua tabung, untuk salah satu tabungnya digunakan untuk mencuci sedangkan tabung lainnya untuk mengeringkan.
  • Selang Inlet dan Outlet. Penggunaan selang ini dibedakan menjadi dua yaitu selang inlet sebagai jalur masuk air yang dihubungkan langsung ke keran air, sedangkan untuk selang outlet digunakan sebagai jalur pembuangan air bekas cucian.
  • Seal Mekanik. Bagian ini merupakan katup yang terdapat pada saliran inlet maupun outlet yang memiliki fungsi sebagai penutup saluran air secara otomatis ketika tabung pencuci telah penuh terisi air. Seal mekanik ini biasanya dapat ditemui pada mesin cuci otomatis.
  • Water Pump. Bagian ini juga dapat disebut dengan pompa air. Pompa tersebut memiliki fungsi sebagai pendorong laju dari pergerakan air hingga menjadi lebih cepat.
  • Bagian ini juga dapat disebut dengan tombol – tombol (panel) pengoperasian yang ada pada mesin cuci. Fungsi dari tombol ini adalah untuk mengatur proses mencuci seperti tombol start, timer pencucian, pembilasan, pengeringan, dll. Pada mesin cuci otomatis biasanya memili modul digital yang lebih komples
  • Rangka Mesin. Bagian ini merupakan bagian paling luar dari mesin cuci yang memiliki fungsi sebagai pelindung dari seluruh komponen yang terdapat didalam mesin cuci seperti dinamo dan rangkaian instalasi kabel – kabel listrik yang digunakan pada mesincuci tersebut.

Dalam artikel ini akan membahas tentang kerusakan mesincuci yang penggeraknya tidak berputar melainkan hanya mendengung. Sebelum membahas tentang penyebab – penyebab dari kerusakan mesin cuci lebih baik kita mengerti telerbih dahulu prinsip kerja dari penggerah mesin cuci tersebut.

Baca juga: Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana

Prinsip Kerja Penggerak Mesin pada Mesin Cuci

Pada mesin cuci dua tabung terdapat mesin pencuci (washing) dan juga mesin pengering yang didalamnya terdapat sebuah kumparan. Kumparan tersebut terbagi menjadi kumparan utama dan lilitan bantu. Jumlah dan diameter dari kumparan ini tidak memiliki perbedaan, jadi pergeseran dari sudut fasa antara tegangan dan juga arus tidak terjadi.

Dalam mesin pembilas akan dirancang agar dapat berputar dari kanan ke kiri, hal itu digunakan agar memiliki beban yang sama antara kedua lilitan yang dipakai. Pada mesin cuci motor dinamo yang digunakan akan menyala apabila terdapat pergeseran sudut dasa yang dapat menimbulkan medan putar.

Baca juga: Jenis-Jenis Smoke Detector Dan Fungsinya

Kerusakan – Kerusakan Mesin Cuci

Meskipun mesin cuci merupakan peralatan yang modern, tetapi masih merupakan perangkat elektronik yang juga dapat bermasalah kapanpun. Berikut merupakan beberapa permasalahan yang mungkin terjadi pada mesin cuci.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Dalam penggunaan mesin cuci pasti mengalami beberapa kedala yaitu mesin cuci berjalan secara lambat, berjalan tetapi disertai dengan adanya suara denguangan bahkan sampai tidak berjalan sama sekali. Berikut beberapa penyebab – penyebabnya:

  • Ada Sambungan Kabel yang Putus. Hal ini merupakan penyebab kerusakan mesin cuci yang paling sering hingga membuat pengering dari mesin cuci tidak dapat berputar. Terputusnya kabel ini dapat disebabkan karena digigit oleh tikus. Hal ini selain menyebabkan pengering tidak berjalan juga dapat menyebabkan mesin cuci tidak berfungsi sama sekali.

  • Tali Pada Rem Pengering Putus. Penyebab ini juga dapat membuat pengering yang ada pada mesin cuci tidak bergerak yang dikarenakan pada bagia rem pengering terputus. Rem ini memiliki fungsi yaitu dapat membuat dinamo pengering dapat berputar dan dapat berhenti secara konstan apabila pintu mesin cuci dibuka. Apabila rem ini terputus maka dinamo akan tetap dalam keadaan mengerem sehingga mesin pengering tidak bekerja dengan baik.

  • Kapasitor rusak atau terbakar. Kapasitor pada mesin cuci dapat terbakar karena penggunaan komponen tersebut akan terus bekerja menyimpan dan melepaskan arus secara terus menerus tanpa berhenti sehingga dapat membuat kapasitor tersebut mengurangi kapasitasnya atau bahkan komponen tersebut dapat bocor.
  • Dinamo Pengering atau Spin Rusak. Penyebab kerusakan paling sering pada mesin cuci adalah dinamo pengering atau spin rusak dimana hal ini dapat terjadi karena coil atau lilitan yang terdapat pad adinamo terputus atau mungkin mengalami short sehingga dapat menyebabkan mesin cuci hanya mendengung saja.

Baca juga: Pengertian, Jenis Dan Fungsi Inverter

Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan

Mesin cuci memiliki kendala paling sering yaitu mensin cuci tersebut hanya berputar pelan, pada mesin cuci dua tabung pada tabung pengering juga dapat mengalami keadaan seperti ini. Hal – hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor yang menjadi penyebabnya yaitu:

  • Beban Terlalu Banyak. penyebab ini merupakan faktor awal yang harus dilihat karena apabila suatu mesin cuci memiliki beban yang teralalu banyak makan akan membuat rotasi dari pengering atau tabung pencuci menjadi lambat. Oleh karena itu disarankan untuk memakai mesin cuci tidak melebihi batas maksimum dari mesin cuci tersebut.



Leave a Comment