Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di RODABLOG

×

Pembahasan dan Cara Pasang Jenis Saklar Lampu Silang yang Benar


Baca juga: Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana

Penjelasan Saklar Silang

Saklar ini pada umumnya terdiri dari beberapa macam seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satunya adalah saklar silang ini. dimana saklar ini dapat difungsikan atau digunakan untuk mengendalikan kerja dari suatu lampu pada suatu bangunan.



Saklar ini pada umumnya digunakan untuk mengendalikan (menyalakan atau mematikan) satu lampu yang berada pada 3 tempat yang berbeda – beda. Akan tetapi penggunaan fungsi tersebu nantinya akan memerlukan satu buah saklar yang saling bersilangan dan dua buah saklar hotel yang akan dipasang pada ketiga ruangan yang berbeda tersebut. diketahui bahwa saklar jenis ini memiliki dua buah input dengan 4 buah output.

Cara Melakukan Pemasangan Saklar Lampu Silang

Jenis saklar silang ini merupakan suatu saklar yang pada umumnya sangat jarang untuk digunakan oleh orang – orang. Hal tersebut dikarenakan fungsi dari saklar ini yang sangat spesifik yaitu dapat digunakan untuk mengendalikan sebuah lampu pada 3 tempat yang berbeda. Untuk lebih jelasanya dalam pemasangan saklar jenis ini dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Berikut ini adalah penjelasan yang didapat dari gambar rangkaian diatas yaitu:

– Untuk menggunakan fungsi tersebut (mengendalikan sebuah lampu di 3 tempat berbeda) dibutuhkan dua jenis saklar yaitu 1 buah saklar silang dan 2 buah saklar hotel / tukar.

– Terlihat pada gambar bahwa saklar hotel diletakkan di sebelah kanan dan kiri sementara itu saklar silang diletakkan di tengah.

– Dengan pemasangan 3 buah saklar dengan rangkaian seperti gambar diatas maka dapat mengendalikan (menyalakan dan mematikan) sebuah lampu di tiga tempat berbeda.

Baca juga: Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Masih Nyala

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi SSR (Solid State Relay)

Baca juga: Cara Mengukur Mosfet Dengan Multimeter