Mengenal PDCA (Plan Do Check Act) Untuk Bisnis


Mengenal PDCA Untuk Bisnis – Siklus PDCA (Plan Do Check Act) merupakan metode manajemen yang memiliki tujuan untuk mengatasi masalah dengan empat langkah secara berulang. Metode ini umumnya digunakan sebagai pengendalian kualitas. Namun sekarang ini penggunaan PDCA sudah sangat beragam dan luas.



Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai metode PDCA (Plan Doc Check Act) secara lengkap. Untuk lebih jelasnya mari simak beberapa poin penjelasan berikut ini.

Pengertian PDCA

PDCA merupakan singkatan dari Plan, Do, Check, Art atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai perencanaan, pengerjaaan, pengecekan, dan tidak lanjut. Model manajemen perusahaan ini pertama kali dicetuskan oleh Walter Shewhart yang kemudian dikembangkan oleh W. Edwards Deming dengan tujuan untuk melakukan perbaikan pada perusahaan ataupun individu.

Maka dari itu, siklus PDCA juga biasa disebut sebagai siklus deming, siklus shewhart, atau siklus kendali. Siklus ini sangat populer dan sudah banyak digunakan di perusahaan manufaktur, perusahaan manajemen, dan lain sebagainya.



Leave a Comment