Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di RODABLOG

×

Pengertian, Jenis Dan Fungsi PCB


Sementara untuk FR4 atau Flame Resistant 4 merupakan anyaman fiberglass yang memiliki lapisan resin epoksi (epoxy resin). FR4 mempunyai daya serap air yang cukup rendah, properti isolasi yang bagus dan tahan terhadap suhu panas mencapai 140 derajat celcius. Akan tetapi, PCB yang dibuat dari bahan FR4 jauh lebih mahal daripada PCB dari bahan FR2.

  • Tembaga (Copper)

Lapisan PCB



Lapisan PCB selanjutnya yaitu lapisan tembaga tipis yang dilaminasi ke lapisan substrat dengan suhu tinggi yang tertentu dan juga perekat. Tergantung dari jenis PCB itu sendiri, lapisan tembaga tipis ini akan diberi lapisan pada satu sisi substrat untuk jenis Single Sided PCB.

Sementara untuk Double Sided PCB memiliki lapisan tembaga tipis yang berada pada dua sisi substrat. Teknologi manufakturing PCB yang telah mengalami perkembangan seperti sekarang ini membuat PCB bisa dibuat hingga 16 lapisan. Bahkan ada juga yang lebih dari 16 lapisan karena tergantung dari perancangan PCB dan juga rangkaian yang sesuai keinginan.

  • Soldermask

Soldermask

Soldermask merupakan lapisan diatas lapisan tembaga yang memiliki fungsi sebagai pelindung tembaga atau jalur konduktor dari hubungan atau kontak yang tidak disengajar. Lapisan soldermask ini sendiri hanya ada di beberapa bagian PCB yang tidak disolder, dan untuk bagian yang disolder tidak akan ditutupi oleh lapisan soldermask.

Lapisan soldermask bisa membantu para pengguna PCB untuk bisa menyolder secara tepat ditempatnya. Dengan begitu maka akan terhindar dari solder short atau hubung singkat solder.  Pada umumnya lapisan soldermask ini memiliki warna hijau, tetapi ada juga yang memiliki warna lain seperti warna merah dan biru.

  • Silkscreen

Silkscreen

Setelah lapisan soldermask akan dijumpai lapisan silkscreen. Lapisan silkscreen ini pada umumnya memiliki warna hitam atau putih. Tetapi ada pula silkscreen yang memiliki warna lain seperti warna merah, warna abu-abu, dan kuning keemasan.