Pengertian, Jenis, Dan Fungsi Osilator


Jenis, Dan Fungsi Osilator – Saat mempelajari tentang rangkaian elektronika, sebagian dari Anda tentunya sudah sering menjumpai yang namanya osilator. Rangkaian oscilator ini sendiri banyak digunakan di berbagai macam perangkat elektronika seperti pemancar televisi, pemancar radio, konsol video games, jam dan bepeer.



Osilator sendiri adalah suatu rangkaian yang bisa menghasilkan keluaran yang dimana amplitudonya bisa mengalami perubahan secara periodik terhadap waktu. Keluarannya sendiri bisa berupa suatu gelombang sinusoidal, persegi, pulsa, dan gigi gergaji atau segitiga. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Osilator

Oscillator atau yang biasa dengan osilator merupakan sebuah rangkaian elektronika yang mampu menghasilkan sejumlah gelombang atau getaran (sinyal listrik) secara periodik dengan amplitudo yang konstan. Gelombang sinyal yang dihasilkan adalah berupa Gelombang Sinus (Sinusoide Wave), Gelombang Kotak (Square Wave) dan Gelombang Gigi Gergaji (Saw Tooth Wave).

Sinyal DC atau arus searah yang berasal dari power supply akan diubah oleh rangkaian oscilator menjadi arus AC (arus bolak-balik) sehingga bisa menghasilkan sinyal listrik yang periodeik dengan amplitudo konstan.



Leave a Comment