Pengertian, Jenis Dan Fungsi Optocoupler


Pengertian  Optocoupler Adalah – Optocoupler umumnya digunakan sebagai switch atau saklar elektronik yang memiliki fungsi secara otomatis. Komponen elektronik ini sangat berkaitan erat dengan sensor pendeteksi cahaya.



Optocoupler juga biasa digunakan sebagai pengukur kecepatan gerak dari rangkaian elektronik. Nah, pada pembahasan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai optocoupler. Untuk lebih jelasnya silahkan langsung saja simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Pengertian, Fungsi Dan Rangkaian Seven Segment

Apa Itu Optocoupler

Dalam dunia elektronika, Optocoupler lebih dikenal dengan sebutan Opto-isolator, Photocoupler atau Optical Isolator. Optocoupler merupakan salah satu jenis komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai penghubung berdasarkan cahaya optik.

Komponen elektronika yang satu ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu receiver dan transmitter.

  • Receiver memiliki fungsi sebagai pendeteksi sumber cahaya
  • Transmitter memiliki fungsi sebagai pengirim cahaya optik

Dalam rangkaian optocupler, kedua bagian utama ini (transmitter dan receiver) tidak memiliki hubungan konduktif secara langsung, namun bisa digabungkan hingga bisa menjadi komponen  optocoupler.



Keunggulan utama dari komponen ini yaitu mempunyai isolasi listrik yang cukup tinggi diantara terminal input dan output, sehingga sangat memungkinkan sinyal digital yang relatif kecil untuk bisa mengontrol arus tegangan dan daya AC tinggi.

Simbol dan Bentuk Optocoupler

Komponen optocoupler memiliki bentuk persegi dengan kaki yang berjumlah sekitar 4 sampai 6 buah. Fungsi optocoupler pada suatu rangkaian elektronik sangat ditentukan oleh jumlah kaki yang dimilikinya. Sebagai contoh, ada sebuah optocoupler yang memiliki 6 buah kaki, dimana 3 diantaranya memiliki peran sebagai input dan sisanya sebagai jalur output.

Sedangkan optocoupler yang memiliki 4 buah kaki umumnya akan menggunakan 2 kaki pertama sebagai input dan sisanya adalah sebagai output.  Simbol optocoupler adalah gabungan dari dua buah simbol, yaitu LED dan switch. Simbol LED berada di bagian kiri yang menunjukkan bahwa komponen tersebut memiliki kemampuan untuk memancarkan cahaya.

Sementara itu, tanda panah mengarah ke simbol switch yang ada di bagian kanan. Hal ini memiliki arti bahwa cahaya yang akan dipancarkan oleh LED nantinya bisa diterima oleh switch.

Baca juga: Pengertian Dioda Foto Dan Cara Kerjanya

Jenis-Jenis Optocoupler



Ada banyak sekali jenis optocoupler yang beredar di pasaran, namun yang paling populer adalah optocoupler dari bahan semikonduktor. Komponen utama optocoupler ini menggunakan transmitter dari Light Emitting Diode (LED) dan receivernya menggunakan Phototransistor.

Selain itu, jenis-jenis optocoupler yang tak kalah populernya adalah sebagai berikut:

  1. LED Photodiode

LED Photodiode merupakan salah satu jenis optocoupler yang mampu menghasilkan arus listrik dengan cara mengkonversi dari cahaya yang ingin dideteksi. Adapun jenis-jenis cahaya atau sinar yang bisa didetaksi oleh LED Photodiode adalah sinar X, ultrafiolet, inframerah, dan cahaya tampak.



Leave a Comment