Oli Motor Terbaik Terbaru dan Lengkap untuk Motor Anda

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak dipakai masyarakat. Mulai dari untuk pergi bekerja, kuliah atau ke suatu tempat. Karena berfungsi untuk memudahkan pemilik untuk bepergian, tentunya Anda ingin yang terbaik untuk motor Anda. Pastinya Anda tidak berharap motor mengalami permasalahan yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya.

Maka dari itu segala aspek harus diperhatikan, tanpa terkecuali. Termasuk soal oli motor. Mungkin yang satu ini terdengar sepele, akan tetapi keberadaan oli motor sangat vital bagi kendaraan kita. Oli motor mempunyai beberapa fungsi. Seperti pelumasan di dalam mesin supaya tidak terjadi gesekan, menjaga kestabilan suhu dan juga menjaga performa mesin supaya tetap prima.

Oleh karenanya penting bagi pemilik untuk memperhatikan kondisi oli motor secara berkala. Masing-masing pabrikan sendiri sudah memberikan jadwal penggantian oli. Anda dapat menemukannya pada buku panduan pengguna. Ketika waktunya ganti, pemilik sangat dianjurkan untuk mengganti oli motor. Sebab kinerja oli akan terus turun dari waktu ke waktu sehingga kemampuannya untuk melumasi mesin juga ikut berkurang.

Bila kondisi tersebut dibiarkan bukan tidak mungkin mesin motor mengalami permasalahan. Ada banyak pilihan oli motor yang bisa Anda beli di pasaran. Masing-masing menawarkan produk dengan keunggulan yang berbeda. Dari sekian banyak pilihan, beberapa menjadi oli motor terbaik. Oli inilah yang dapat Anda pertimbangkan jika ingin membeli.

Salah satu oli motor terbaik itu adalah oli AHM. Oli ini merupakan buatan PT Astra Honda Motor (AHM) yang diperuntukkan sepeda motor Honda. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda awam, memilih oli ini menjadi keputusan yang tepat. AHM oil sendiri terdiri dari beberapa macam yang ditujukan untuk berbagai jenis motor, mulai dari motor matic, motor sport hingga motor gede.

Jika Anda pemilik motor Yamaha, salah satu pilihannya adalah oli Yamalube. Oli motor ini dibuat sendiri oleh Yamaha sehingga sudah dipastikan cocok untuk berbagai motor Yamaha. Ada dua jenis oli Yamalube, yakni Yamalube matic untuk motor matic dan Yamalube Motor untuk motor bebek atau motor sport.

Selain dua merek di atas, juga ada oli motor terbaik lainnya. Seperti oli Evalube, Motul, Pertamina Enduro, Pertamina Fastron, Oli Shell, Oli Top 1, Oli Federal hingga Oli Repsol. Masing-masing punya produk dengan spesifikasi yang berbeda. Maka dari itu sesuaikan dengan kebutuhan motor Anda dan dana yang Anda miliki. Untuk referensi, silakan simak daftar oli motor terbaik berikut.

Daftar Oli Motor Terbaik

Oli TOP 1 Action Matic Series

Khusus untuk para pengguna motor matic, oli satu ini bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin mengganti oli motor. Top 1 sendiri merupakan merek yang sudah terkenal kualitasnya. Top 1 Action Matic Series merupakan oli berperforma tinggi dengan base oil synthetic yang dirancang untuk memenuhi spesifikasi motor matic terbaru.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oli ini. Oli Top 1 ini diklaim mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus. Di samping itu oli ini juga memberikan perlindungan yang lebih lama, sekaligus membuat skuter matik lebih hemat bahan bakar lantaran kadar sintetik yang lebih tinggi. Harga oli Top 1 Action Matic nin berkisar Rp 30 ribu sampai dengan Rp 45 ribuan.

AHM Oil

Kualitas oli pabrikan seperti AHM Oil tidak bisa diremehkan. Karena dibuat sendiri oleh Honda, maka kualitasnya sudah pasti terjamin dan pasti cocok untuk motor matic Honda. Harga AHM Oil ini sekitar Rp 40 ribuan dan memiliki empat varian. Antara lain Oli AHM SPX-1, Oli AHM SPX-2, Oli AHM MPX-1 dan Oli MPX-2.

Castrol Oil

Castrol juga menjadi salah satu merek oli terkenal di Indonesia maupun luar negeri. Pelumas ini memiliki kualitas yang baik, begitu juga dengan daya tahannya. Sehingga dapat melindungi bagian mesin lebih optimal. Hanya saja harga Castrol Oil ini cukup tinggi, yakni sekitar Rp 70 ribuan.

Yamalube

Jika Honda punya AHM oil, maka Yamaha memiliki Yamalube. Oli ini merupakan oli standar yang disarankan untuk semua motor Yamaha. Kualitasnya tentu tak perlu diragukan dan bisa dipastikan sesuai untuk semua motor Yamaha. Harga oli Yamalube ini juga terjangkau sehingga tidak memberatkan konsumen.

Pertamina Enduro

Sesuai namanya, oli ini merupakan buatan perusahaan plat merah, Pertamina. Pertamina Enduro bisa menjadi pilihan yang menarik untuk pengguna roda dua. Oli Pertamina ini diklaim mempunyai kekentalan yang baik sehingga bagus untuk mesin motor.

Oli Pertamina Enduro juga dapat mengurangi gesekan antar dua komponen mesin yang bergerak atau gesekan. Koefisien gesekan yang kecil akan membuat komponen mesin tidak cepat aus.

Repsol

Anda pasti sudah tidak asing dengan oli yang satu ini. Repsol menawarkan kualitas yang tak kalah bagus dibandingkan merek lain. Repsol Oil mempunyai juga mempunyai tingkat kekentalan yang pas sehingga cocok untuk sepeda motor. Harga oli ini juga terjangkau. Untuk kemasan 0,8 liter harganya berkisar Rp 30 ribuan.

Shell

Shell juga terkenal di dunia roda dua. Shell sendiri merupakan merek oli terkemuka di dunia dengan kualitas yang sudah teruji waktu. Teknologi yang dibenamkan pada oli buatannya juga modern, dengan kekentalan yang pas sehingga mampu membuat performa motor optimal. Harganya juga bervariasi, mulai Rp 30 ribuan sampai Rp 100 ribuan.

Leave a Comment