Oli Motor Matic Harga Terbaru Lengkap dengan Tips Memilih

Pengguna motor matic di Indonesia terbilang tinggi. Bahkan penjualannya dapat mengalahkan motor jenis lain yang ada di Indonesia. Akan tetapi kali ini kami tidak akan membahas tentang penjualan motor matic di Indonesia. Kami akan fokus membahas tentang oli motor matic.

Seperti yang diketahui bersama, tidak jauh berbeda dengan motor jenis lainnya, motor matic membutuhkan perawatan berkala. Beberapa komponen perlu dicek dan diganti bila sudah saatnya untuk mengganti. Salah satu yang perlu diganti adalah oli. Sebenarnya peran komponen yang satu ini sangat penting. Yaitu untuk meminimalisir gesekan antar komponen di dalam mesin.

Dengan begitu mesin tidak akan mengalami kerusakan ataupun overheat. Pengguna motor matic juga diharapkan tidak mengabaikan soal penggantian oli supaya kinerja motornya selalu baik dan terhindar dari kerusakan yang serius. Tentu Anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki permasalahan pada motor Anda, bukan?

Berbeda dari motor sport dan bebek yang memakai kopling, skuter matik alias skutik memiliki kopling kering sehingga oli untuk motor ini tidak memakai zat anti slip kopling. Di samping itu bagian mesin motor matic juga lebih sempit dari jenis motor lain. Itulah mengapa oli motor matic dirancang lebih encer.

Sebenarnya penggantian oli motor matic saat ini tidak sulit. Anda tinggal membawanya ke bengkel resmi maka pihak mekanik siap menggantinya. Masing-masing pabrikan motor mempunyai oli khusus untuk motor matic buatannya. Jika Anda awam dan tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan oli pabrikan. Jika motor Honda maka memakai AHM oil, sedangkan untuk motor Yamaha memakai Yamalube oil.

Akan tetapi di sisi lain ada banyak merek-merek yang menawarkan oli yang diklaim tak kalah berkualitas. Anda boleh saja memilihnya selama mengetahui spesifikasinya dan mencocokkannya dengan kebutuhan motor matic Anda. Beberapa merek oli motor yang bisa ditemui di pasaran adalah Castrol, Evalube, Federal, Motul, Pertamina Enduro dan lain sebagainya.

Anda dapat memilih salah satu di antaranya. Akan tetapi perlu dicatat, Anda perlu waspada dengan beredarnya oli motor matic palsu. Sebab di Tanah Air masih banyak beredar oli palsu. Untuk itu Anda selaku konsumen perlu berhati-hati dalam membeli. Salah-salah justru produk palsu yang Anda beli. Alhasil performa motor bukannya semakin memuaskan justru semakin menurun.

Berikut adalah pilihan oli motor matic yang dapat dipertimbangkan. Selain itu juga disertakan harga supaya Anda tidak bingung.

Daftar Harga Oli Motor Matic

No. Nama Oli Harga
1. TOP1 Evolution Matic Rp 125.000
2. TOP1 Action Matic Rp 40.000
3. Shell Advance 4AT Ultra Scooter Rp 84.000
4. Shell Advance 4T AX5 Scooter Rp 45.000
5. Shell Advance 4T AX7 Scooter Rp 39.500
6. Castrol Activ Matic Rp 39.000
7. Castrol Power 1 Scooter Rp 39.000
8. Castrol Activ Matic Rp 35.000
9. Idemitsu SL/MB Rp 41.000
10. Mobil Super Moto Matic Rp 39.000
11. Federal UltraTec Matic Rp 37.000
12. Federal Y-Matic Rp 31.000
13. Deltalube 757 Premium Rp 63.000
14. Yamalube Matic Rp 37.000
15. Federal Matic Ecomaxx 30 Rp 35.000
16. Suzuki Genuine Oil SGO 4T Rp 45.000
18. BM1 PC 1500 Rp 66.000
19. Repsol Matic 4T Super Rp 37.000
20. Pertamina Enduro Matic Rp 36.000
21. Motul Scooter 4T LE Rp 67.000
22. Yamalube Super Matic Rp 55.000
23. Top 1 Evolution Matic Rp 100.000
24. Motul Scooter 4T LE Rp 67.000

Ada beberapa tips jika ingin membeli oli untuk motor matic. Pertama, Anda bisa memili oli yang memiliki standar API (American Petroleum Institute). Lembaga ini merupakan lembaga yang sah dan terpercaya untuk menguji oli. Maka dari itu oli yang sudah mengantongi standar API sudah bisa dipastikan memiliki kualitas yang baik.

Selain itu juga Anda juga bisa mencermati ada atau tidaknya standar JASO (Japanese Automotive Standard Association). Mirip dengan API, lembaga ini juga menguji kualitas suatu oli. Serta bagaimana ketahanan oli tersebut. JASO sendiri mempunyai beberapa standar, yakni JASO MB, JASO MA2 dan JASO MA.

Untuk JASO MB merupakan standar oli untuk motor matic yang mengusung sistem transmisi CVT, dimana pada motor tipe ini memakai sistem kopling kering. Sementara JASO MA merupakan standar untuk motor berkopling basah. Sementara JASO MA2 menandakan bahwa kualitas oli tersebut sudah sangat baik.

Yang tak kalah penting, pastikan bahwa oli yang Anda pilih mempunyai kekentalan yang sesuai dengan motor. Sebab setiap motor membutuhkan kekentalan oli yang berbeda-beda. Selain itu Anda juga bisa minta masukan dari teknisi untuk mendapatkan masukan yang tepat.

Sekian daftar harga oli motor matic dan juga cara memilihnya. Semoga informasi di atas bisa memberikan gambaran untuk Anda. Perlu dicatat, harga bisa saja berbeda atau berubah.

Leave a Comment