Macam Macam Modulasi Digital Dan Contohnya


Modulasi PSK terbagi dalam 4 jenis, yaitu Binary Phase Shift Keying, 8-Phase Shift Keying, 16-Phase Shift Keying dan Quadrature Phase Shift Keying.

  • Binary Phase Shift Keying (BPSK)

Dalam Binary Phase Shift Keying (BPSK), kemungkinan ada dua output fasa yang keluar dan membawa informasi. Satu fasa ouput ini akan mewakili sebuah logika 1, dan fasa output yang lainnya mewakili logika 0.



Berdasarkan perubahan pada kondisi sinyal input digital, fasa pada output carrier akan mengalami pergeseran di antara sudut yang dimana keduanya akan terpisah hingga 180 derajat. BPSK ini sendiri juga biasa dikenal dengan sebutan Phase Reversal Keying (PRK) dan Biphase Modulation.

Gelombang BPSK

  • Quadrature Phase Shift Keying (QPSK)

Modulasi Quadrature Phase Shift Keying (QPSK) mempunyai 4 syimbol dengan amplitude yang sama dengan fasa berlainan. Keempat syimbol ini dibentuk melalui grup dua bit input, sehingga didapat 4 kondisi, yaitu 00, 01, 10, dan 11. Masing-masing bit akan menghasilkansatu dari kemungkinan 4 fasa, sehingga rate keluarannya yaitu setengah dari rate input.

Adapun untuk keempat fasa yang mungkin dalam modulasi QPSK akan ditunjukkan pada gambar di bawah ini:



Fasa QPSK

  • 8-Phase Shift Keying (8-PSK)

Modulasi 8-Phase Shift Keying (8-PSK) akan mengalokasikan sebuah fasa yang tertentu untuk masing-masing sandi yang tersedia. Jika pada BPSK, biasanya akan dialokasikan dua fasa secara berlainan untuk sandi 1 dan 0. Pada QPSK, dialokasikan 4 fasa yang berlainan untuk sandi 00, 01, 10, dan 11. Sedangkan pada 8-PSK, harus dialokasikan 8 fasa yang berbeda untuk sandi 000, 001, 010, 011, 100, 101, 110, dan 111.

Jika level PSK mengalami peningkatan, maka efiesiensi bandwith juga akan mengalami peningkatan. Dalam BPSK Memiliki efisiensi bandwit 1 b/s/Hz, dalam QPSK memiliki bandwith 2 b/s/Hz dan untuk 0-PSK memiliki efisiensi bandwith sebesar 3 b/s/Hz. Semakin besar efisiensi bandwit maka akan semakin sempith juga bandwith yang diperlukan sebagai transmisi data.



Gelombang 8-PSK

  • 16-Phase Shift Keying (1-PSK)

16-Phase Shift Keying (1-PSK) merupakan suatu teknik pengkodean PSK yang dimana M=16, sehingga pada 16_PSK terdapat 16 fasa yang memiliki keluaran berbeda dengan jumlah bit sekitar 4.

Sudut perubahan pada 16-PSK



Hasil modulasi ASK, FSK dan PSK

Baca juga: Pengertian Function Generator Dan Cara Penggunaannya

Kelebihan dan Kekurangan Modulasi Digital

Modulasi digital memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan modulasi analog. Namun jenis modulasi ini juga memiliki kekurangan yang penting untuk diketahui.

Kelebihan Modulasi Digital

Berikut ini adalah kelebihan modulasi digital jika dibandingkan dengan modulasi analog:

  1. Teknologi digital memiliki sinyal berupa digital yang dapat mengirimkan data dalam bentuk kode bineri yaitu 0 dan 1.
  2. Sinyal digital bisa mengirimkan data secara lebih cepat dan memiliki kapasitas yang lebih besar daripada sinyal analog.
  3. Mempunyai tingkat kesalahan yang jauh lebih kecil dibandingkan sinyal analog.
  4. Data akan selalu dalam kondisi utuh dan lebih terjamin saat dikirim atau ditransmisikan.
  5. Lebih stabil dan tidak bisa dipengaruhoi oleh cuaca.

Kelemahan Modulasi Digital

  1. Modulasi digital bisa dibilang merupakan jenis modulasi yang mudah mengalami error.
  2. Jika mengalami gangguan maka sistemnya akan langsung terhenti.


Leave a Comment