Cara Memperbaiki Lampu Led Mati atau Berkedip


Komponen utama dari lampu LED ini berupa susunan lampu LED SMD yang memiliki ukuran sangat kecil dan disusun (dirangkai) secara seri. Oleh karena penyusunan yang seri tersebut apabila satu lampu terputus maka semua lampu LED tidak akan mendapatkan tegangan dan lampu akan mati.

Pengecekan pada bagian ini dapat menggunakan multimeter yang posisi selektornya diletakkan pada buzzer (pengukuran dioda). Pengecekean dilakukan secara bolak – balik poosisi probe dari multimeter, seharusnya salah satu posisi bisa menyala. Apabila lampu tetap tidak menyala makan dipastikan bahwa kondisi ari LED tersebut telah mati dan harus diganti. Berikut ini adalah perbedaan pengecekan pada lampu yang dapat menyala (kondisi baik) dengan lampu yang sudah mati (kondisi rusak).



Akan tetapi beberapa toko elektronik munggkin akan sulit untuk menemukan komponen terlebih lagi bila tidak mengetahui spesifikasinya, berikut adalah trik dalam mengakalinya yaitu dengan menjumper titik solder yang mati langsung dengan timah solder.

Hal tersebut dapat menyebabkan tegangan yang mengalir ke setiap LED akan menjadi terlalu besar, tapi harusnya kenaikan nilai tegangan tersebut masih dalam tingkat toleransi kerja LED. Untuk kerugian dari metode ini yaitu apabila tidak mengetahui spesifikasinya LED kemungkinan saat pengetersan dengan multimeter lampu LED sama sekali tidak menyala.

Hal tersebut dapat dikarenakan spesifikasi tegangan yang cukup tinggi karena jenis dari LED menggunakan tegangan 3 volt, 6 volt, dan 9 volt. Cara lainnya yang dapat digunakan untuk megetahui LED tersebut rusak adalah dengan melihat fisik lampu karena terkadang untuk lampu yang terbakar memiliki bekas hitam seperti gambar berikut:

Baca juga: Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsi LED

Kerusakan pada Kapasitor Penurun Tegangan

Penggunaan kapasitor pada lampu LED ini berfungsi sebagai penurun tegangan dari AC 220 V ketegangan sekitar 20 Volt. Kapasitor yang digunakan pada lampu LED ini biasanya adalah polyester atau milar.

Apabila terjadi kepasitor yang putus maka dapat dipastkan teganga yang menuju pada masing – masing lampu SMD tidak ada. Akan tetapi kerusakan kapasitor putus ini cukup jarang terjadi. Adapun kasus hanya berkurangnya kapasitas dari kapasitor tersebut. Berikut ini adalah gambar kapasitor yang digunakan:



Leave a Comment