Membuka TV Yang Terkunci Tanpa Remote


Membuka TV Yang Terkunci Tanpa Remote – Televisi merupakan salah satu peralatan elektronikyang cukup umum digunakan pada sebagian masyarakat yang memilikinya yang digunakan sebagai penghiburan, mendapatkan informasi, dll.



Akan tetapi dalam peggunaan televisi tersebut terdapat beberapa masalah yang dapat muncul sewaktu – waktu. Salah satu masalahnya adalah televisi tersebut terkunci. Sebenarnya hampir pada semua model TV apapun merknya pasti terdapat fungsi pemblokiran menu TV atau sering disebut dengan child lock. Fitur itu ada kararena memiliki fungsi untuk melakukan proteksi seperti channel tertentu yan tidak dikehendai untuk dibuka oleh anak – anak.

Akan tetapi terkadang juga terdapat masalah seperti munculnya fitur tersebut secara tidak sengaja (aktif) baik dikarenakan dimainkan oleh anak – anak ataupun kelupaan password kunci atau remot Tvnya. Hal itu dapat menyebabkan tombol remot tidak akan berfungsi. Nanti akan dibahas tentang beberapa cara – cara untuk memperbaikinya berdasarkan dari beberapa merk – merk TV tersebut.

Baca juga: Ciri Ciri Kerusakan IC Vertikal TV

Tanda – Tanda TV Terkunci

Berikut adalah tanda – tanda yang akan muncul apabila TV anda mengalami maslaah terlock (terkunci) yaitu:

  • Layar TV menjadi warna biru dan ada ikon gembok di sudut.
  • Muncul kolom untuk memasukan password.
  • Beberapa tombol pada remote TV tidak berfungsi.
  • Channel TV hilang.

Cara Membuka TV yang Terkunci Tanpa Remote

  • Langkah pertama adalah memeriksa buku panduan. Biasanya pada buku tersebut berisi informasi mengenai cara pengoperasian TV. Lalu cari dan ikuti langkah tentang “privasi” atau “kunci” yang ada dalam buku panduan.
  • Langkah kedua aalah melakukan reset TV. Jadi anda dalam melakukan pengaturan ulang atau membuka kunci anpa remote dengan beberapa cara yaitu tahan tombol powe selma lima detik sampai TV tersebut mati dan menyala sendiri, biasanya fitur kunci tersebut akan nonaktif secara otomatis. Akan tetapi cara ini hanya berlaku pada beberapa merk TV tertentu saja.
  • Langkah ketiga yaitu menggunakan atau membeli remote universal. Apabila langkah pertama dan kedia tidak berhasil maka disarankan uttuk menggunakan remote universal yang dapat digunakan untuk sebagian besar merk TV. Anda dapat menggunakan remote tersebut untuk membuka kunci TV

Baca juga: Cara Memasang Booster TV Berbagai Merk

Baca juga: Cara Memasang Kabel Antena TV Ke Boster

Cara Membuka TV yang Terkunci

Dalam melakukan pembukaan kunci pasti pada setiap merk memiliki cara yang berbeda – beda ada yang perlu menggunakan remote atau juga yang tidak memerlukan remote. Pada umumnya membuka kunci remotet dengan cara memasukkan kode reset password saja dan TV dapat terbuka. Apabila remote TV secara kebetulan tidak dapat digunakan makadapat menggunakan aplikasi remote atau menggunakan remote universal.



Leave a Comment