Mazda Astina Harga Lengkap, Spesifikasi dan Kelebihan-Kekurangan

Mazda merupakan salah satu pabrikan mobil asal Jepang yang sudah cukup lama menghiasi jagat otomotif. Walaupun popularitasnya di Indonesia masih belum dapat menyaingi merek otomotif asal Jepang lainnya, sepanjang kehadirannya Mazda berhasil meluncurkan produk-produk yang berkelas dan memikat.

Saat ini Mazda sendiri terlihat lebih fokus untuk mengembangkan mobil SUV baru yang nantinya akan dilepas di pasaran. Akan tetapi melihat beberapa tahun lalu, Mazda lebih fokus dalam menghadirkan mobil berdimensi kompak. Salah satu mobil Mazda yang cukup dikenal oleh masyarakat kala itu adalah Mazda Astina.

Tampilannya tergolong unik sebagai sebuah hatchback keluaran 90-an. Di kelasnya, mobil Mazda ini berhadapan dengan beberapa kompetitor, seperti Honda Civic Estilo, Toyota Starlet Kapsul, Daihatsu Charade CX dan Suzuki Amenity. Walaupun bukan satu-satunya mobil hatchback yang dijual di Indonesia, Astina menjadi model pertama yang mengusung lampu depan pop-up.

Hal ini menjadi daya jual bagi Mazda 323 Astina. Selain dapat dibuka dan ditutup, lampu depan jenis ini akan membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik. Penasaran lebih jauh seputar mobil ini? Berikut adalah detail spesifikasinya.

Sisi eksterior mobil ini cukup menarik. Desain kap depan mobil ini tampak menukik ke atas. Sedangkan jarak antara bagian bawah hingga atap tidak terlalu tinggi. Alhasil kesan aerodinamis tampak terasa. Tidak hanya itu, di bagian belakang terdapat spoiler kecil yang diklaim dapat memberikan down force yang baik.

Di sisi interior, kesan simpel terlihat kental. Bagian dashboard tampak mengotak tanpa adanya sentuhan garis tajam. Tampilannya kental dengan nuansa mobil 90-an. Walaupun kurang menarik, akan tetapi desain seperti ini bisa mengajak Anda bernostalgia di tahun 1990.

Ada beberapa fitur yang disertakan pada Mazda Astina. Di antaranya tilt steering, kursi adjustable, variabel wiper intermittent, sistem audio stereo empat speaker hingga kunci sentral pintu dan spion elektrik. Bahkan untuk beberapa model sudah dilengkapi dengan sunroof sebagai kelengkapan standar yang membuatnya tampil lebih istimewa.

Untuk dapur pacu, Mazda Astina dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1,8 liter. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 102 hp pada 5.500 rpm dengan torsi 150 Nm pada 4.000 rpm. Untuk akselerasinya mobil ini dapat menembus angka 100 km/jam dalam waktu 13,5 detik.

Spesifikasi Mazda Astina

Mesin
Tipe Mesin 1,8 liter Injeksi 4 silinder
Kapasitas Silinder 1800cc
Power Maksimal 102 HP @5.500 RPM
Torsi Maksimal 150 Nm @4.000 RPM
Transmisi Manual 5 percepatan
Konsumsi BBM 10-13 km/L (luar kota)8-10 km/L (dalam kota)
Dimensi
P x L x T 4.070 mm x 1.695 mm x 1.350 mm
Jarak Sumbu Roda 2570 mm
Kapasitas Penumpang 5 Orang
Jarak Dengan Tanah 160 mm
Sasis
Sistem Kemudi Power Steering
Rem Depan Disc
Rem Belakang Disc
Suspensi Depan MacPerson Strut Independent
Suspensi Belakang MacPerson Strut Independent
Ban/Velg

Kelebihan dan Kekurangan Mazda Astina

Kelebihan Mazda Astina

  • Akselerasi cepat.
  • Mesin responsif.
  • Nyaman untuk seukuran hatchback 90-an.
  • Irit jika digunakan santai.
  • Stabil pada kecepatan tinggi.
  • Kapasitas bagasi besar.

Kekurangan Mazda Astina

  • Relatif boros untuk ngebut.
  • Mesin gampang overheat
  • Kabin sempit.
  • Suku cadang mulai langka.
  • Harga onderdil lumayan mahal

Harga Mazda Astina

Tahun Harga
Harga Mazda Astina 323 Th 1990-1993 Rp. 30-45 Juta
Harga Mazda Astina 323 Th 1994-1995 Rp. 65 Juta

Sebelum membeli Mazda Astina incaran Anda, perhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Seperti kondisi mobil. Anda bisa melakukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari sisi luar hingga interior dan sektor mesin. Pastikan tidak ada masalah apapun pada mobil incaran. Hal ini tidak boleh dilupakan karena usia mobil yang sudah tua. Umumnya mobil berumur menyimpan beberapa permasalahan.

Itulah informasi seputar spesifikasi dan harga Mazda Astina. Untuk harga bisa saja berubah dan berbeda di tempat lain. Maka dari itu ketahui harga pastinya sebelum Anda membelinya.

Leave a Comment