Mengenal Jack Audio, Jenis Jenis Dan Fungsinya


Untuk jack jenis ini memiliki ukuran diameter 2,5mm dan biasa disebut dengan jack sub – miniatur dan juga merupakan jack terkecil. Jack ini juga dapat mendukung mikrofon dengan panggilan pada handphone. Jenis ini dapat selalu digunakan pada perangkat komunikasi seperti ponsel, radio dua arah, dan telepon nirkabel.



Baca juga: Pembagian Alokasi Frekuensi Radio Di Indonesia

Berdasarkan Bahan

Berikut beberapa jenis jack audio yang dibedakan dari penggunaan beberapa bahan pada bagian – bagiannya yaitu:

Jack TS

TS memiliki kepanjangan yaitu tip and sleeve. Dari jenisnya dapat dijelakan bahwa jack ini memiliki konstruksi aktual dari titik kontak yang ada pada colokan. Tip ini dapat digunakan untuk dapat menangani audio kiri yang terisolasi. Lengan atau sleeve dapat difungsikan sebagai tanah.

Karena memiliki satu saluran audio tunggal jack ini disebut dengan jack mono. Sesungguhnya jack jenis ini merupakan membahas tentang sirkuit kabel, dimana satu selubung dari arde kabel tembagga yang akan terbungkus dengan kabel biru (kabel tembaga, perak atau emas biasanya kabel ground; kabel biru biasanya meninggalkan saluran audio).

Jack TRS

Jack jenis ini mengacu pada penggunaan pada tiga bagian dari jack yaitu tip, ring, dan sleeve. Untuk ukuran dari jack ini umumnya memiliki diameter sebesar 3,5mm. pada jenis ini merupakan jenis jack yang mendukung suara stereo dengan tidak dilengkapi mikrofon yang dapat digunakan untuk membuat panggilan telepon.



Leave a Comment