Mengenal Jack Audio, Jenis Jenis Dan Fungsinya


Fungsi dari jack audio hampir sama dengan prinsip kerjanya yaitu alat ini digunakan sebagai konektor (penghubung) dari kedua peralatan elektronika yang akan menghantarakan sinyal data dari perangkat input ke perangkat output.

Contoh kasus dari fungsi jack audio ini adalah penggunaannya pada handphone (sebagai perangkat input) yang akan memutar lagu pada headset (sebagai perangkat output). Atau juga dapat dicontohkan pada penggunaan mikrofon dengan speaker dimana mikrofon sebagai perangkat input (merekam suara sebagai input) yang akan dihubungkan menggunakan jack audio ini ke speaker yang digunakan sebagai perangkat output (mengeluarakan suara dari mikrofon)



Baca juga: Cara Mengukur Potensiometer 3 Kaki dan 6 Kaki

Jenis – Jenis Jack Audio

Jenis – jenis dari jack audio ini memiliki beberapa jenis. Jenis – jenis ini dapat dibedakan berdasarkan ukuran dan bahan yang digunakan pada jack tersebut. berikut beberapa jenis dan penjelasan pada masing – masing jenis jack audio yaitu:

Berdasarkan Ukuran

Dari beberapa pengembangan jack audio menciptakan beberapa jack audio yang digunakan hingga saat ini menjadi tiga jenis yaitu:

Jack Ukuran 6,35mm

Untuk jack ini memiliki ukuran soket sebesar 6,5mm. Untuk jenis ini dapat disebut juga dengan jack seperempat inchi. Dapat diartikan juga bahwa diameter yang dimiki oleh jack ini yaitu 6,35 milimeter. Jenis jack ini dapat digunakan pada telepon untuk jenis gaya lama (telepon kuno) yang dapat menghubungkan headset, dan digunakan pada mikrofon ke sirkuit. Jack kuran ini sangat mendukung audio berjenis mono ataupun stereo.

Jack jenis ukuran ini masih sering digunakan dibeberapa bidang audio karena merupakan standar dari jack audio musik dan peralatan musik. Jack ini memiliki perbedaan dengan jenis jack dengan ukuran lainnya yaitu lebih tahan lama dan solid, sehingga jack ini dapat digunakan diberbagai lingkungan. Berikut adalah contoh kegunaan pada pengaplikasiannya:

  • Amplifier atau penerima AV. Jack ukuran ini dapat digunakan untuk menghubungkan earphone ke amplifier dan sebagai penerima AV karena dirasa lebih tangguh daripada jack jenis lainnya.
  • Perlatan musik. Pada pengaplikasian jack jenis ini dapat menghasilkan suara berjenis mono yang akan membuat nyaman untuk beberapa perangkat (instrumen) musik seperti gitas, synth dan keiboard.
  • Penggunaan stereo. Untuk jack jenis in juga dapat menghasilkan suara stereo yang dapat digunakan pada kabel stereo sehingga membuat sumber audio dapat melakukan transmisi audio menjadi lebih alami dan animasi.

Jack Ukuran 3,5mm

Jenis jack audio ini memiliki diameter sebesar 3,5 milimeter yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan jenis jack sebelumnya. Jack ini juga biasa disebut dengan mini – jack. Jack ini juga mendukung dalam menghasilkan audio mono maupun stereo. Akan tetapi jack jenis ini memili fungsi yang berbeda dari jack jenis sebelumnya yaitu dapat digunakan pada mikrofon yang mendukung melakukan panggilan pada handphone.

Jack ini dapat digunakan pada perangkat portabel, tidak sama dengan jenis jack sebelumnya yang memiliki ukuran terlau besar untuk penggunaan perangkat portable. Beriku beberapa kegunaan pada pengaplikasiannya yaitu:

  • Smartphone. Jack jenis ini banyak digunakan oleh produsen smartphone karena kompatibel dengan perangkat headphone dan earbud biasa.
  • Komputer, PC dan Laptop. Pada penggunaan untuk komputer, PC dan Laptop biasanya sangat umum menggunakan jack jenis ukurna ini dari pada ukuran 6,35mm.
  • Pemutar audio digital. Pemutar audio ini biasanya dapt digunakan untuk memutar kaset, jack jenis ini dapat digunakan pada perangkat tersebut karena cocok dengan konfigurasinya.
  • Panggilan dengan mikrofon. Jenis ini juga memiliki fungsi yang berbeda seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa jack ini mendukung untuk menggunakan mikrofon untuk melakukan panggilan pada handphone

Jack Ukuran 2,5mm



Leave a Comment