Pengertian Low Pass Filter (Tapis Lolos Bawah)


Jawab:

f = 1/2πRC
f = 1/2 (3.14)(1000)(0.000000001)
f = 15.923,57 Hz atau sekitar 15,9KHz



Dari perhitungan tersebut maka akan didapat nilai frekuensi cut off sebesar 15,9 KHz. Sinyal listrik yang memiliki frekuensi lebih dari 15,9 KHZ akan langsung diblokir dan tidak bisa lanjut ke luar rangkaian. Sedangkan untuk sinyal frekuensi di bawah 15,9 KHZ akan dibiarkan terus dan melalui rangkaian berikutnya.

Jadi bisa diambil kesimpulan jika memasukkan sinyal frekuensi yang rendah sebesar 10KHz pada rangkaian LPF RC Filter seperti di atas, maka rangkaian ini nantinya akan membiarkan sinyal sampai menuju OUTPUT. Ini karena sinyal frekuensi rendah tidak akan melalui jalur kapasitor.

Namun jika frekuensi mencapai 30 KHz maka nantinya akan mengalami peredaman yang besar sehingga akan mengalami kesulitan menuju titik OUTPUT. Hal ini karena sinyal frekuensi tinggi akan melalui jalur kapasitor (bukan jalur OUTPUT).

Baca juga: Jenis Jenis Media Transmisi Dan Contohnya

  1. Low Pass RL Filter

Low Pass RL Filter merupakan rangkaian penyaring frekuensi yang terdiri dari komponen resistor dan induktor. Filter ini memiliki fungsi untuk meneruskan sinyal frekuensi rendah dan menghambat sinyal listrik yang memiliki frekuensi lebih dari yang ditentukan.

Jika Low Pass RC Filter akan memberikan sinyal frekuensi tinggi masuk pada rangkaian terlebih dahulu, maka pada Low Pass RL Filter ini sinyal frekuensi tinggi akan diblokir secara langsung.

Rangkaian Low Pass  RL Filter

Rangkaian Low Pass RL ini dibuat dibuat dari komponen induktor yang dirangkai secara seri dengan sinyal INPUT dan resistor dirangkai dalam bentuk parallel dengan sinyal INPUT.

Cara Kerja Low Pass RL Filter

Cara kerja Low Pass RL Filter ini adalah menggunakan prinsip Reaktansi Induktif. Dalam hal ini resistansi atau impedansi induktor akan mengalami perubahan sesuai dengan perubahan sinyal frekuensi yang masuk.

Seperti yang diketahui bahwa induktor merupakan komponen reaktif, sehingga nantiny dapat memberikan impedansi yang berbeda pada setiap frekuensi sinyal masuk yang berbeda, sama halnya dengan kapasitor.

Jika dilalui oleh sinyal frekuensi tinggi maka induktor dapat menghasilkan resistansi yang tinggi. Begitu pula sebaliknya, akan menjadi sangat rendah jika dilalui oleh frekuensi rendah. Sehingga komponen yang satu ini biasa dipasang secara seri seri terhadap sinyal yang masuk.

Hal tersebut akan membuat sinyal frekuensi tinggi akan diblokir secara langsung, sedangkan sinyal frekuensi rendah bisa berhasil lewat tanpa ada hambatan sama sekali.

Rumus LPF RL Filter

Keterangan :



Leave a Comment