Pengertian Low Pass Filter (Tapis Lolos Bawah)


Dengan rangkaian seperti ini, maka kapasitor yang merupakan komponen reaktif akan memberikan resistansi yang berbeda pada sinyal frekuensi yang berbeda yang masuk untuk melewatinya. Kapasitor akan memiliki resistansi yang sangat tinggi ketika dilewati oleh sinyal berfrekuensi rendah (DC). Begitu pula sebaliknya, resistansi bisa menjadi rendah saat dilewati oleh sinyal berfrekuensi tinggi.

Sehingga sinyal yang memiliki frekuensi rendah (DC) akan diblokir secara langsung dan tidak bisa melalui kapasitor. Hingga pada akhirnya sinyal tersebut akan keluar dari rangkaian. Sementara itu, sinyal frekuensi tinggi mampu melalui kapasitor dengan mudah. Jadi dapat dikatakan bahwa sinyal frekuensi rendah dan tinggi nantinya tidak akan melewati jalur yang sama.



Catatan:

Suatu arus akan selalu memilih jalur yang memiliki resistansi paling rendah. Hal ini karena kapasitor dapat memberikan resistansi yang rendah pada suatu rangkaian frekuensi tinggi sehingga sinyal nantinya akan menggunakan jalur yang melalui kapasitor. Untuk sinyal frekuensi rendah akan mengambil jalur alternatif dengan resistansi yang sangat rendah.

Rumus LPF RC Filter

Keterangan :

=  Frekuensi  (Hz)



π  =  3,14

R  = nilai resistor  (Ohm/)

C  =  nilai kapasitor  (Farad/F)

Contoh Kasus LPF RC Filter

Jika sebuah low pass filter dibuat dari gabungan antara komponen resistor dan kapasitor. Kapasitor yang digunakan adalah jenis kapasitor yang mempunyai nilai 10nF dan resistor dengan nilai 1KΩ.  Lalu dilanjutkan kembali dengan merangkaian seperti rangkaian di atas (Rangkaian LPF RC Filter).

Lalu berapakah nilai frekuensi yang akan menjadi cut off pada rangkaian ini?

Diketahui:



R  =  1 KΩ   =  1000 Ω

C  =  10nF   = 10 x 10-9  = 0,000000001 F

 f =  ?

Jawab:

f = 1/2πRC
f = 1/2 (3.14)(1000)(0.000000001)
f = 15.923,57 Hz atau sekitar 15,9KHz



Dari perhitungan tersebut maka akan didapat nilai frekuensi cut off sebesar 15,9 KHz. Sinyal listrik yang memiliki frekuensi lebih dari 15,9 KHZ akan langsung diblokir dan tidak bisa lanjut ke luar rangkaian. Sedangkan untuk sinyal frekuensi di bawah 15,9 KHZ akan dibiarkan terus dan melalui rangkaian berikutnya.

Jadi bisa diambil kesimpulan jika memasukkan sinyal frekuensi yang rendah sebesar 10KHz pada rangkaian LPF RC Filter seperti di atas, maka rangkaian ini nantinya akan membiarkan sinyal sampai menuju OUTPUT. Ini karena sinyal frekuensi rendah tidak akan melalui jalur kapasitor.

Namun jika frekuensi mencapai 30 KHz maka nantinya akan mengalami peredaman yang besar sehingga akan mengalami kesulitan menuju titik OUTPUT. Hal ini karena sinyal frekuensi tinggi akan melalui jalur kapasitor (bukan jalur OUTPUT).

Baca juga: Jenis Jenis Media Transmisi Dan Contohnya

  1. Low Pass RL Filter

Low Pass RL Filter merupakan rangkaian penyaring frekuensi yang terdiri dari komponen resistor dan induktor. Filter ini memiliki fungsi untuk meneruskan sinyal frekuensi rendah dan menghambat sinyal listrik yang memiliki frekuensi lebih dari yang ditentukan.



Leave a Comment