Pengertian Low Pass Filter (Tapis Lolos Bawah)


Low Pass Filter (Tapis Lolos Bawah) – Pada rangkaian amplifier audio atau speaker terdapat sebuah komponen yang bernama low pass filter atau LPF. Dalam bahasa Indonesia, komponen yang satu ini biasa disebut dengan tapis lolos bawah.

Sesuai namanya, low pass filter memiliki fungsi sama halnya dengan filter atau penyaring. Lalu apakah yang akan disaring oleh LPF? Simak pembahasan berikut ini untuk mendapatkan jawabannya!



Pengertian Low Pass Filter

Low pass filter (LPF) merupakan suatu komponen dalam suatu rangkaian elektronika yang memiliki fungsi sebagai penyaring sinyal listrik berfrekuensi tinggi dan hanya akan membebaskan sinyal berfrekuensi rendah yang diinginkan. Adapun jenis sinyal listrik yang disaring low pass filter (LPF) adalah sinyal radio dan sinyal perubahan tegangan.

LPF dapat dikatakan ideal jika tidak membebaskan sinyal yang memiliki frekuensi lebih dari frekuensi cut off (fc), sekecil apapun itu nilainya. Atau bisa juga jika tegangan output dari sinyal frekuensi diatas frekuensi cut off sama seperti OV.

Dalam penerapannya, sinyal listrik yang frekuensinya lebih besar daripada nilai cut off (fc) nantinya akan dibuat lemah atau mengecil. Sehingga hal ini dapat memicu adanya sebuah pipa transisi (transition band).

Pita transisi (transition band) ini mempunyai satuan yang disebut sebagai db/decade atau dB/oktaf. Nilai yang dimiliki oleh orde filer akan sangat mempengaruhi kemiringan pita transisi. Jika nilainya semakin besar, maka kimiringan yang ada pada pita transisi juga akan  bertambah dengan posisi yang semakin curam.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Band Pass Filter (BPF)

Jenis-Jenis Konfigurasi Low Pass Filter



Perlu diketahui bahwa low pass filter (LPF) bisa dirangkai dengan mudah menggunakan komponen pasif seperti resistor dan kapasitor atau induktor. Ada dua jenis konfigurasi utama yang dimiliki oleh low pass filter, yaitu RC Filter dan RL Filter.

Low Pass RC Filter merupakan LPF komponennya terdiri dari resistor dan kapasitor. Sedangkan Low Pass RL Filter memiliki komponen yang terdiri dari resistor dan induktor.

Filter ini memang hanya akan menggunakan komponen pasif sehingga disebut dengan filter pasif. Filter pasif ini tidak dilengkapi dengan elemen penguat seperti transistor dan OP-Amp. Dengan begitu maka tidak akan mendapat perolehan penguatan sinyal, sehingga tingkat output yang dimiliki tidak pernah lebih dari tingkat inputnya.

  1. Low Pass RC Filter

Low Pass RC Filter merupakan sebuah rangkaian filter yang terdiri dari dua macam komponen pasif Resistor dan Kapasitor. Kedua komponen ini memiliki fungsi utama sebagai penghambat sinyal yang berfrekuensi tinggi, sehingga tidak akan bisa melewati filter. Sedangkan untuk sinyal berfrekuensi rendah akan dibiarkan lolos.

Rangkaian Low Pass RC Filter

Rangkaian Low Pass RC Filter dibuat dengan menggabungkan dua rangkaian, yaitu rangkaian seri dan parallel. Resistor akan dipasang dalam bentuk seri dengan sinyal listrik yang masuk (input). Sedangkan kapasitor dirangkai dalam bentuk parallel (tegak lurus) dengan frekuensi input agar bisa menghambat sinyal berfrekuensi tinggi.



Leave a Comment