Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Masih Nyala


Hal tersebut bisa dimaklumi kecuali apabila hanya rumah anda saja yang terjadi mati listrik maka dapat dilanjutkan kelangkah yang berikutnya

Fuse Box Putus

Pada instalasi kWH meter untuk model lama sering terdapat istilah sekring atau dapat disebut juga dengan fuse. Benda ini berbentuk kotak hitam dengan sekring berupa seutas kabel tembaga yang aada pada rumah tersebut.



Di jaman sekarang sekring sudah tidak digunakan dan fungsinya digantikan dengan penggunaan MCB, tetapi ada juga yang telah menggunakan MCB dan fuse secara bersamaan. Apabila didalam instalasi rumah terjadi overload atau konslet fungsi dari fuse diatas adalah wajib melakukan penggantian dan juga pada kabelnya yang dapat diganti menggunakan 1- 2 kabel serabut disesuaikan dengan kapasitas daya rumah. Jika bos sekring rusak maka dapat juga digunakan sebagai penyebab dari listrik mati, akan tetapi tidak perlu khawatir karena dapat menghubungi pihak PLN agar dilakukan pergantian.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Piezoelectric Buzzer

MCB Rusak

Penyebab lainnya yaitu terjadinya kerusakan pada MCB itu sendiri. Kerusakan disine dapat bermacam – macam, hal tersebut dikarekanan MCB juga merupakan bagian mekanis yang kerusakannya juga didapatkan berdasarkan usia pakai dari MCB tersebut. apabila terjadi kerusakan untuk penggantian MCB kWH meter ini dibutuhkan tenaga ahli dan berwenang dibidang ini yaitu petugas PLN

Gangguan pada Kontak Terminal MCB

Adanya arus lisrik yang melewati MCB memiliki nilai yang cukup besar makan dapat memungkinkan koneksi menjadi overheat dan dapat menyebabkan kontak menjadi tidak sempurna. Hal ini dapat terjadi terlebih dalam instalasi listrik yang asal – asalan seperti yang ditunjukkan gambar dibawah ini. Hal itu dapat menyebabkan arus listrik menjadi terhambat padahal MCB sudah dalam posisi ON.



Leave a Comment