Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Masih Nyala


Di Indonesia sering sekali terjadi kejadian MCB dalam kondisi ON tetapi listrik yang ada di rumah mati. Hal ini memang cukup membingungkan untuk beberapa orang awam yang tidak mengerti tentang kelistrikan. Karena pada umumnya kejadian listrik mati dapat ditandai oleh turunnya MCB ke posisi OFF atau ke bagian bawah sehingga listrik tidak mengalir ke instalasi listrik didalam rumah.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya yaitu terjadi konsleting pada sistem kelistrikan yang ada pada rumah tersebut. berikut adalah penggambaran posisi ON dan OFF dari MCB tersebut yaitu:



Baca juga: Cara Menggunakan Tespen Yang Benar

Penyebab Listrik Mati MCB ON

Berikut adalah beberapa penyebab – penyebab yang dapat digunakan untuk menganalisis apabila terjadi listrik mati tetapi MCB tetap dalam kondisi ON yaitu:

Pemadaman Listrik

Apabila terjadi pemadaman listrik tetapi MCB masih dalam kondisi ON maka hal pertama ang harus di cek adalah keadaan sekitar rumah aliat melihat listrik pada rumah tetangga terdekat, hal tersebut bisa jadi merupakan pemadaman listrik sementara, ciri lain yang paling mudah untuk mengetahui adanya pemadaman listrik adalah dengan melihat lampu indikator meteran listrik tersebut mati.

Hal itu juga termasuk apabila pulsa listrik masih tetapi listrik mati maka yang dibutuhkan hanya menunggu samapai aliran listrik kembali menjadi normal. Pemadaman listrik sering terjadi saat musim hujan karena besar kemungkinan terjadinya pohon tumbang yang disebabkan oleh hujan dan dapat mengganngu jalur kelistrikan tersebut.



Leave a Comment