Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Masih Nyala


Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Masih Nyala – Pada setiap rumah pasti terdapat alat yang disebut dengan meteran listri. Sedangkan meteran listrik ini memiliki fungsi sebagai perangakat elektromekanikal yang dapat melindungi listrik yang dialirkan ke rumah dari arus yang berlebihan.



Jadi dapat dijelaskan alat ini atau dapat disebut dengan MCB (Miniature Circuit Breaker) ini dapat memutiskan arus listrik secara otomatis. Hal tersebut dapat terjadi apabila arus listrik yang melewati peralatan tersebut memiliki nilai yang melebihi dari nilai yang telah ditentukan.

Baca juga: Mengetahui Listrik 450 VA Berapa Watt

Baca juga: Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana

Tetapi saat mengalami kondisi arus yang normal maka maka perlatan MCB ini dapat difungsikan sebagai saklar yang memiliki fungsi untuk mengubungkan atau memutus aliran arus listrik secara manual. Sebenaranya MCB ini memiliki fungsi seperti sekering (fuse) yaitu memutuskan arus listrik ketika adanya kelebihan arus yang melewatinya. Kelebihan arus ini dapa disebut dengan hubung singkat (short circuit) atau juga dengan beban lebih (overload).

Di Indonesia sering sekali terjadi kejadian MCB dalam kondisi ON tetapi listrik yang ada di rumah mati. Hal ini memang cukup membingungkan untuk beberapa orang awam yang tidak mengerti tentang kelistrikan. Karena pada umumnya kejadian listrik mati dapat ditandai oleh turunnya MCB ke posisi OFF atau ke bagian bawah sehingga listrik tidak mengalir ke instalasi listrik didalam rumah.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya yaitu terjadi konsleting pada sistem kelistrikan yang ada pada rumah tersebut. berikut adalah penggambaran posisi ON dan OFF dari MCB tersebut yaitu:



Baca juga: Cara Menggunakan Tespen Yang Benar

Penyebab Listrik Mati MCB ON

Berikut adalah beberapa penyebab – penyebab yang dapat digunakan untuk menganalisis apabila terjadi listrik mati tetapi MCB tetap dalam kondisi ON yaitu:

Pemadaman Listrik

Apabila terjadi pemadaman listrik tetapi MCB masih dalam kondisi ON maka hal pertama ang harus di cek adalah keadaan sekitar rumah aliat melihat listrik pada rumah tetangga terdekat, hal tersebut bisa jadi merupakan pemadaman listrik sementara, ciri lain yang paling mudah untuk mengetahui adanya pemadaman listrik adalah dengan melihat lampu indikator meteran listrik tersebut mati.

Hal itu juga termasuk apabila pulsa listrik masih tetapi listrik mati maka yang dibutuhkan hanya menunggu samapai aliran listrik kembali menjadi normal. Pemadaman listrik sering terjadi saat musim hujan karena besar kemungkinan terjadinya pohon tumbang yang disebabkan oleh hujan dan dapat mengganngu jalur kelistrikan tersebut.

Hal tersebut bisa dimaklumi kecuali apabila hanya rumah anda saja yang terjadi mati listrik maka dapat dilanjutkan kelangkah yang berikutnya

Fuse Box Putus

Pada instalasi kWH meter untuk model lama sering terdapat istilah sekring atau dapat disebut juga dengan fuse. Benda ini berbentuk kotak hitam dengan sekring berupa seutas kabel tembaga yang aada pada rumah tersebut.



Di jaman sekarang sekring sudah tidak digunakan dan fungsinya digantikan dengan penggunaan MCB, tetapi ada juga yang telah menggunakan MCB dan fuse secara bersamaan. Apabila didalam instalasi rumah terjadi overload atau konslet fungsi dari fuse diatas adalah wajib melakukan penggantian dan juga pada kabelnya yang dapat diganti menggunakan 1- 2 kabel serabut disesuaikan dengan kapasitas daya rumah. Jika bos sekring rusak maka dapat juga digunakan sebagai penyebab dari listrik mati, akan tetapi tidak perlu khawatir karena dapat menghubungi pihak PLN agar dilakukan pergantian.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Piezoelectric Buzzer

MCB Rusak

Penyebab lainnya yaitu terjadinya kerusakan pada MCB itu sendiri. Kerusakan disine dapat bermacam – macam, hal tersebut dikarekanan MCB juga merupakan bagian mekanis yang kerusakannya juga didapatkan berdasarkan usia pakai dari MCB tersebut. apabila terjadi kerusakan untuk penggantian MCB kWH meter ini dibutuhkan tenaga ahli dan berwenang dibidang ini yaitu petugas PLN

Gangguan pada Kontak Terminal MCB

Adanya arus lisrik yang melewati MCB memiliki nilai yang cukup besar makan dapat memungkinkan koneksi menjadi overheat dan dapat menyebabkan kontak menjadi tidak sempurna. Hal ini dapat terjadi terlebih dalam instalasi listrik yang asal – asalan seperti yang ditunjukkan gambar dibawah ini. Hal itu dapat menyebabkan arus listrik menjadi terhambat padahal MCB sudah dalam posisi ON.



Kerusakan Jalur Instalasi Listrik

Penyebab lainnya bisa saja dari jalur instalasi listrik ini. Kerusakan dari jalur instalasi listrik ini perlu diwaspadai karena penggunaan kabel yang berjenis serabut yang rawan akan dimakan atau digigit tikus hingga putus. Apabila instalasi menggunakan kabel NYA maka memiliki kemungkinan yang kecil terjadinya kerusakan pada jalur listrik

Baca juga: Cara Menggunakan Tang Ampere Arus AC Dan DC

Kabel Twist Tidak Kencang

Kabel ini merupakan kabel listrik dari tiang PLN yang dihubungkan menuju rumah. Apabila pemasangan pada kabel ini kurang kencang maka listrik yang akan menuju dirumah tidak akan tersampaikan, hal itu dapat menyebabkan rumah tidak mendapatkan pasokan listrik.

Tetapi jika anda menggunakan meteran prabayar, dapat dipastikan bahwa pulsa listrik tidak akan habis. Dan bila menggunakan pulsa listrik masih ada dan apabila listrik [ada rumah tetangga menyala makadapat dipastikan kabel twits ini longgar.

kWH meter Tidak Terhubung Dengan Baik Ke MCB

terlepas dari kejadian putusnya kabel, penyebab ini jyga merupakan salah satu penyebab dari listrik rumah mati tetapi MCB menyala. Untuk pemasangan instalasi asal – asalan juga bisa dapat menyebabkan kerusakan pada kabel kWh meter ke MCB seperti terbakar.

kWH Meter PLN Muncul Tulisan Periksa

Penyebab lain dari listrik mati tetapi MCB masih ON adalah MCB tersebut menunjukkan tulisan PERIKSA yang muncul pada laya MCB tersebut. Kejadian ini cukup sering dijumpai oleh pengguna. Cara mengatasinya untuk listrik prabayar dapat dengan mereset atau menghubungi pihak PLN selaku jasa penyedia listrik.

Baca juga: Cara Menggunakan Multimeter / Multitester

Cara Mengatasi Listri Mati Tapi MCB ON

Apabila instalasi listrik rumah anda mengalami kondisi listrik yang mati tetapi MCB atau kWH meter masih dalam kondisi ON atau menyala maka perlu diperhatikan pada beberpa poin penyebabnya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Cara menangani dari kejadian ini dapat melakukan tindakan yaitu menghubungi pihak PLN selaku jasa penyedia listrik.



Leave a Comment