Pengertian Dan Fungsi LCD (Liquid Crystal Display)


Pengertian LCD Adalah – Sebagian orang tentunya sudah sangat familiar dengan istilah LCD. Apalagi jika Anda merupakan tipe orang yang cukup aktif dengan perkembangan dunia teknologi ataupun gadget. Mulai dari smartphone, TV, tablet, komputer (PC), dan lain sebagainya hampir semuanya menggunakan LCD.

Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja LCD (Liquid Crystal Display)



Nah, kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai LCD mulai dari pengertian, fungsi, sampai dengan cara kerjanya. Untuk lebih detailnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Cara Kerja Lampu LED

Pengertian dan Fungsi LCD (Liquid Crystal Display)

 LCD

 

LCD merupakan salah satu jenis media display atau tampilan yang umumnya menggunakan kristal cair (liquid crystal) untuk bisa menghasilkan gambar yang terlihat.

Seperti yang sudah kami singgung diatas teknologi LCD (Liquid Crystal Display) atau penampil kristal cair memiliki banyak fungsi karena sudah digunakan di beberapa produk seperti layar ponsel, layar laptop, layar kalkulator, layar multimeter, layar jam digital, televisi, monitor komputer, layar game portabel, layar thermometer digital, dan berbagai produk elektronik yang lainnya.



Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja LCD (Liquid Crystal Display)

Keberadaan teknologi display LCD memungkinkan berbagai produk elektronik bisa dibuat lebih tipis daripada teknologi tabung sinar katoda (cathode ray tube atau CRT). Apabila dibandingkan dengan teknologi cathode ray tube, LCD membutuhkan daya yang lebih sedikit sehingga akan jauh lebih hemat.

Hal ini karena cara kerja LCD menggunakan prinsip pemblokiran cahaya, sementara cathode ray tube (CRT) menggunakan prinsip pemancaran cahaya.

Akan tetapi, LCD membutuhkan lampu backlight atau cahaya latar belakang untuk dijadikan sebagai cahaya pendukung karena memang LCD sendiri tidak bisa menghasilkan cahaya. Adapun jenis-jenis backlight yang banyak digunakan untuk LCD adalah backlight LED (Light Emitting Diode) dan CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamps).

Struktur Dasar LCD (Liquid Crystal Display)

LCD (Liquid Crystal Display) pada dasarnya memiliki dua bagian penting, bagian yang pertama adalah backlight (lampu latar belakang) dan yang kedua yaitu liquid crystal (kristal cair). LCD ini memang tidak bisa menghasilkan cahaya apapun, LCD hanya akan merefleksikan serta mentransmisikan cahaya yang melaluinya.

Maka dari itu, LCD membutuhkan cahaya latar belakang atau backlight untuk dijadikan sebagai sumber cahayanya. Pada umumnya, cahaya backlight ini memiliki warna putih. Sementara untuk kristal cair atau liquid cyrstal sendiri merupakan cairan organik yang terletak diantara dua lembar kaca dengan bagian permukaan transparan yang konduktif.



Adapun bagian-bagian penting dari LCD (Liquid Crystal Display) adalah sebagai sebagai berikut:

Berikut ini adalah gambar struktur dasar suatu LCD:

Struktur Dasar LCD

Catatan:

LCD yang digunakan pada jam tangan digital dan kalkulator biasanya menggunakan cermin sebagai pemantul cahaya alami supaya bisa menghasilkan digit yang nampak pada layar. Sementara LCD yang lebih modern dengan kekuatan tinggi seperti laptop, TV, dan smartphone pada umumnya menggunakan lampu latar belakang atau backlight sebagai penerang piksel kristal cair.





Leave a Comment