Lampu Motor Terbaik di Pasaran Halogen dan LED

Beberapa komponen pada sepeda motor ditujukan untuk memudahkan pengguna ketika berkendara. Seperti lampu yang pada dasarnya berfungsi sebagai sistem pencahayaan motor. Dengan adanya lampu, pengendara dapat melihat jalan atau medan di depannya dengan mudah. Hal ini akan sangat berguna, terutama ketika berkendara di malam hari.

Maka dari itu motor baru yang dijual di pasaran selalu dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang memadai. Mulai dari lampu depan, lampu sein hingga lampu belakang atau stop lamp. Masing-masing punya tugas tersendiri. Lampu depan untuk menerangi jalan di depan motor.

Sedangkan lampu sein berfungsi sebagai penanda kepada pengguna jalan lain ketika hendak pindah jalur. Lalu lampu belakang ditujukan untuk memberitahukan posisi kita kepada pengendara lain dan juga berfungsi memberi tanda ketika kita melakukan pengereman.

Coba bayangkan bila tidak ada lampu tersebut, pastinya sepeda motor yang kita pakai dapat membahayakan kita ketika di jalan. Memang tidak dapat dimungkiri bahwa selain sebagai penerangan lampu juga berfungsi meningkatkan keselamatan berkendara. Maka dari itu pihak kepolisian selalu menindak tegas sepeda motor yang tidak dilengkapi dengan pencahayaan yang memadai.

Sekarang ini fungsi lampu motor tidak hanya untuk pencahayaan atau aspek keselamatan saja. Namun juga dapat membuat tampilan motor menjadi lebih menarik. Awalnya kita hanya mengenal bohlam lampu biasa. Seiring berkembangnya zaman ada pula lampu xenon, lampu halogen hingga lampu LED.

Masing-masing lampu motor ini punya keunggulan masing-masing. Jadi mana lampu motor terbaik itu tergantung dari kebutuhan konsumen. Sebelum masuk ke pembahasan lampu motor terbaik atau lampu motor paling terang, tidak ada salahnya untuk mengetahui penjelasan jenis-jenis lampu yang ada di pasaran.

Yang pertama adalah lampu xenon. Lampu dengan nama lain HID ini memakai gas xenon di dalamnya. Lampu HID menjadi standar dari perakitan motor sport dan motor Harley Davidson. Daya tahan lampu ini bisa mencapai 3.000 jam dengan daya 35 watt dan mempunyai daya terang antara 2800-3000 lumen.

Sementara lampu halogen dinilai sebagai yang paling terang dan awet dibanding bohlam biasa. Daya tahan lampu ini mencapai 500 jam dengan daya 55 watt dan dapat menghasilkan daya terang 700-2100 lumen.

Untuk lampu LED mempunyai cahaya yang terang namun lebih awet, ramah lingkungan, hemat daya hingga tidak panas berlebih. Daya tahannya bisa mencapai 10.000-50.000 jam dengan daya 18 watt.

Daftar Lampu Motor Terbaik

Osram Biru Halogen

Lampu ini menghasilkan cahaya putih dan masih bersahabat dengan kondisi hujan. Kelebihan lampu Osram Biru adalah pencahayaan yang lebih baik dari lampu standar. Selain itu titik fokusnya sama dengan lampu standar. Instalasi lampu ini juga mudah. Sementara harga lampu Osram Biru untuk motor ini Rp 40 ribuan.

Osram Bening Halogen

Lampu ini dijual murah meriah, hanya Rp 20 ribuan. Kendari demikian pencahayaannya tetap baik, dengan performa layaknya lampu standar. Hanya saja lampu jarak dekat maupun jarak jauh hampir tidak memiliki perbedaan.

Philips Blue Vision Halogen

Lampu ini memiliki sinar berwarna putih, mirip dengan lampu standar. Ketika hujan lampu ini juga tetap memiliki pancaran yang baik dan tidak pudar. Harga lampu Philips Blue Vision ini Rp 55 ribuan.

AutoVision Kuning Halogen

Lampu ini memiliki cahaya kuning keputihan. Kelebihannya adalah fokus dan sinar yang lebih terang. Di samping itu lampu jarak dekat dan jauh juga terbilang ideal. Harga lampu Autovision ini Rp 35 ribuan.

Osram LED T19 M5 K1

Lampu ini memberikan pencahayaan yang terbilang maksimal. Lampu ini cocok untuk seri Yamaha Jupiter dan beberapa motor bebek lainnya. Lampu ini bisa menjadi pilihan menarik jika Anda mencari lampu LED. Untuk harganya sendiri Rp 58 ribuan.

Philips Tyto M5 Kaki 1

Lampu ini memiliki daya 5 watt, dengan performa yang baik. Untuk kualitasnya sendiri tidak perlu diragukan lagi. Harga lampu Philips ini sendiri Rp 40 ribuan.

RTD LED H6 M11G

Lampu ini juga memiliki pencahayaan yang baik. Hanya saja merek ini sendiri cukup jarang didengar. Akan tetapi harga lampu motor ini juga kompetitif, yakni sekitar Rp 50 ribuan.

Leave a Comment