Kopling Mobil Selip, Cara Mengatasi Dan Penyebab Utama


Cara Mengatasi Kopling Mobil Selip – Mempunyai mobil memang terlihat menyenangkan. Dengan kendaraan ini pemilik bisa bepergian kapanpun dia suka. Hanya saja ada tugas yang dipikul oleh pemilik mobil. Yakni dengan melakukan perawatan berkala. Alasannya mobil mempunyai beragam komponen yang bisa bermasalah sewaktu-waktu.

Untuk menjamin seluruh komponen bekerja sebagaimana mestinya, pemilik perlu membawanya ke bengkel untuk dilakukan perawatan atau pengecekan. Seperti yang diketahui, permasalahan pada mobil banyak jenisnya.



Masing-masing permasalahan pada mobil itu disebabkan oleh faktor yang beragam. Cara mengatasinya juga berbeda-beda. Salah satunya adalah kopling mobil selip. Biasanya pengemudi mengalami permasalahan gigi transmisi manual mobil seperti sulit untuk berpindah. Selain itu muncul suara ketika memindahkan gigi, padahal pedal kopling sudah diinjak dengan benar. Gejala lainnya adalah perpindahan tuas transmisi ke gigi 2 yang terasa seperti menggunakan gigi 1.

Penyebab Utama

Apa penyebab kopling mobil selip? Permasalahan ini terjadi karena mobil telah digunakan selama tujuh tahun atau lebih dengan pemakaian yang sering. Alhasil perpindahan gigi mengalami permasalahan disertai dengan munculnya bunyi ketika memindahkan gigi. Sebenarnya ada gejala lain yang menandakan mobil Anda mengalami selip kopling.

Gejala kopling mobil selip sebenarnya bisa diamati. Salah satunya dengan melintasi jalanan yang sepi dan menanjak. Cermati suara yang berasal dari mesin ketika melakukan akselerasi dan menghidupkan mesin. Jika ada suara yang aneh maka ada yang tidak beres dari area tersebut.

Selain itu Anda juga bisa mencoba mengaktifkan rem tangan, lalu menghidupkan mesin dan tekan bagian pedal kopling diikuti sebisa mungkin atur ke transmisi gigi 4. Secara perlahan lepaskan tekanan pedal kopling, namun tetap tekan pedal gas. Jika mobil tidak bergerak sama sekali, hal ini menandakan bahwa kopling mobil sudah waktunya ganti.

Kopling mobil selip juga bisa dikarenakan kampas kopling yang sudah mulai aus. Atau pegas-pegas kopling mobil yang sudah lemah, sehingga membuat kerja kopling tidak maksimal. Selain itu juga bisa dikarenakan pelumas yang diberikan pada pedal kopling terlalu encer, baut pada kopling yang kurang kencang atau plat tekan kopling yang sudah aus.



Cara Mengatasi

Terlepas dari hal itu, Anda tidak terlalu dibuat pusing jika mengalami masalah tersebut. Ada beberapa cara untuk mengetahui kopling mobil selip. Carilah jalan yang menanjak dan sepi. Pemilihan jalur seperti ini akan memudahkan Anda untuk melakukan analisa tanpa mengganggu pengguna jalan lainnya.

Perhatikan apakah muncul suara mesin yang tidak lazim ketika Anda melakukan akselerasi. Bunyi tersebut biasanya terdengar seperti bunyi benda yang berputar keras.

Selain itu periksa apakah pedal kopling mulai mengendur atau tidak, terutama saat pedal kopling, terutama bila pedal kopling sudah tidak dapat disesuaikan ulang. Juga cek apakah pedal mulai mengeras atau mengencang sehingga memerlukan tenaga lebih untuk menginjaknya.



Leave a Comment