Cara Konversi Bilangan Desimal Ke Biner


Konversi Bilangan Desimal Ke Biner – Bilangan desimal dan bilangan biner adalah dua bilangan yang paling banyak digunakan dalam dunia elektronika digital. Sehingga sangat penting sekali bagi kita semua untuk  mempelajari serta mengetahui bagaimana cara konversi kedua bilangan ini.

Cara Konversi Bilangan Desimal Ke Biner



Sistem bilangan desimal sendiri disini merupakan salah satu sistem bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dimana sistem bilangan ini berbasis 10 atau sepuluh. Sementara itu, sistem bilangan biner (binary) merupakan suatu sistem bilangan yang berbasis 2 atau dua, dimana sistem bilangan yang satu ini banyak digunakan di hampir semua rangkaian elekronika digital.

Di era komputerisasi seperti sekarang ini sudah banyak sekali perangkat lunak maupun aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan kita dalam melakukan perhitungan konversi bilangan desimal ke bilangan bilangan biner, atau begitu sebaliknya.

Namun jika kita merupakan seorang penghobi elektronika maupun engineer elektronika maka kita juga harus mengetahui bagaimana cara kerja dari masing-masing rangkaian elektronika digital tersebut.

Baca juga:

Konversi Bilangan Desimal Ke Oktal

Konversi Bilangan Desimal Ke Hexadesimal

Pengertian Bilangan Desimal dan Biner

Pengertian Bilangan Desimal dan Biner

Sebelum membahas lebih jauh, kami disini akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian bilangan desimal dan biner. Bilangan desimal merupakan suatu sistem bilangan yang menggunakan 10 angka, mulai dari angka 0 sampai dengan 9 yang kemudian dilanjutkan langsung dengan angka 10, 11, 12 dan seterusnya. Jenis bilangan ini adalah bentuk pecahan yang penyebutnya mempunyai kelipatan 10  dan untuk memisahkan antara pecahan dengan bilangan bulat umumnya menggunakan koma.



Leave a Comment