Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di RODABLOG

×

Jenis Jenis Konektor Dan Fungsinya


  1. RCA Connector (Konektor RCA) dan Socket

RCA connector juga biasa disebut sebagai phono connector atau A/V jack. RCA connector adalah singkatan dari Radio Corporation of Amerika. Jenis konektor ini ditemukan pertama kali pada tahun 1940-an. Fungsi konektor RCA adalah sebagai kabel pembawa signal audio dan video.



Untuk dapat membedakan antara signal yang dibawanya, konektor RCA (RCA Connector) biasanya akan diberi warna yang berbeda-beda seperti misalnya kuning untuk signal video, dan merah atau putih untuk signal stereo (audio kiri dan kanan).

Baca juga: Rangkaian Power Supply

  1. D Connector (Konektor D) dan Socket

D connector atau D-subminiature (D-Sub) adalah jenis konektor yang biasa ditemukan dalam komputer. Pemakaian “D” sesuai namanya karena memiliki bentuk konektor seperti huruf “D” yang sebenarnya memiliki fungsi agar terhindar dari kesalahan dalam pemasangan.

Jenis konektor ini pada umumnya mempunyai 2 baris atau 3 baris pin. Jumlah pin yang dimiliki oleh konektor D juga sangat beragam mulai dari 9 pin sampai dengan 100 pin. Salah satu contoh konektor D yang banyak dijumpai pada komputer adalah konektor VGA (DE-15; 15 Pin) dan konektor komunikasi serial RS-232 (DE-9; 9 Pin).

  1. Phone Connector (Konektor Phone) dan Socket

Phone connector atau yang biasa disebut sebagai phone jack merupakan jenis konektor yang biasa digunakan untuk konektor kabel sebagai penghantar signal audio. Konektor phone memiliki 3 macam ukuran yaitu, ¼” (6.3mm), 1/8” (3.5mm) dan 3/32” (2.5mm). Selain itu, jenis konektor yang satu ini juga tersedia dalam bentuk mono dan stereo.

Bahkan untuk sekarang ini juga sudah ada phone jack kombinasi yang terdiri dari stereo, mikropon dan tombol pengendali. Phone connector (konektor phone) ini biasa diaplikasikan pada konektor mikropon, konektor headphone, konektor earphone, dan lainnya.

  1. DC Connector (Konektor Arus DC) dan Socket

Sesuai namanya, konektor arus DC merupakan jenis konektor yang digunakan khusus sebagai kabel penghantar arus listrik. Konektor arus DC pada umumnya memiliki bentuk silinder serta mempunyai polaritas positif dan negatif. Jenis konektor ini banyak dijumpai di adaptor seperti adaptop laptop, adaptop telepon dan lain sebagainya.