Jenis Jenis Konektor Dan Fungsinya


Baca juga: Rangkaian Power Supply

  1. D Connector (Konektor D) dan Socket

D connector atau D-subminiature (D-Sub) adalah jenis konektor yang biasa ditemukan dalam komputer. Pemakaian “D” sesuai namanya karena memiliki bentuk konektor seperti huruf “D” yang sebenarnya memiliki fungsi agar terhindar dari kesalahan dalam pemasangan.



Jenis konektor ini pada umumnya mempunyai 2 baris atau 3 baris pin. Jumlah pin yang dimiliki oleh konektor D juga sangat beragam mulai dari 9 pin sampai dengan 100 pin. Salah satu contoh konektor D yang banyak dijumpai pada komputer adalah konektor VGA (DE-15; 15 Pin) dan konektor komunikasi serial RS-232 (DE-9; 9 Pin).

  1. Phone Connector (Konektor Phone) dan Socket

Phone connector atau yang biasa disebut sebagai phone jack merupakan jenis konektor yang biasa digunakan untuk konektor kabel sebagai penghantar signal audio. Konektor phone memiliki 3 macam ukuran yaitu, ¼” (6.3mm), 1/8” (3.5mm) dan 3/32” (2.5mm). Selain itu, jenis konektor yang satu ini juga tersedia dalam bentuk mono dan stereo.

Bahkan untuk sekarang ini juga sudah ada phone jack kombinasi yang terdiri dari stereo, mikropon dan tombol pengendali. Phone connector (konektor phone) ini biasa diaplikasikan pada konektor mikropon, konektor headphone, konektor earphone, dan lainnya.



  1. DC Connector (Konektor Arus DC) dan Socket

Sesuai namanya, konektor arus DC merupakan jenis konektor yang digunakan khusus sebagai kabel penghantar arus listrik. Konektor arus DC pada umumnya memiliki bentuk silinder serta mempunyai polaritas positif dan negatif. Jenis konektor ini banyak dijumpai di adaptor seperti adaptop laptop, adaptop telepon dan lain sebagainya.

  1. Modular Connector

Modulator connector merupakan jenis konektor yang biasa digunakan pada peralatan telekomunikasi dan komputer seperti kabel telepon dan kabel LAN atau Local Area Network.  Jenis konektor ini juga biasa disebut sebagai dengan “RJ Connector” atau Moduler Phone Jack”.

Adapun untuk modular connector yang biasa digunakan untuk network atau jaringan komputer adalah modular connector jenis RJ45 yang mempunyai 8 pin (8P8C). Sementara untuk telepon rumah pada umumnya menggunakan modular connector yang berjenis RJ11 (6P2C) atau RJ14 (6P4C).

Catatan: 8P8C = 8 Pin 8 Contact

Untuk gambar atau bentuk konektor modular (modular connector) beserta socketnya bisa dilihat berikut ini :



Baca juga: Pengertian NFC (Near Field Communication)

  1. PCB Connector (Konektor PCB)

Selain berbagai jenis konektor standar yang kami sebutkan di atas, ada pula konektor yang dipasang dalam PCB sebagai penghubung antara suatu rangkaian PCB dengan rangkaian PCB yang lainnya. Berbagai bentuk konektor PCB ini sangat beragam, tergantung dari perancangan PCB dan keperluannya.

Konektor PCB ini biasanya dipasang dalam sebuah peralatan elektronik dan tidak bisa dilihat oleh konsumen pada umumnya. Berikut ini adalah gambar dari beberapa jenis konektor yang biasa dipasang di PCB.



Leave a Comment