Jenis Jenis Konektor Dan Fungsinya


Jenis Konektor Dan Fungsinya – Bagi Anda yang bekerja dalam bidang elektronika tentu sudah tidak asing dengan yang namanya konektor. Namun bagi orang yang masih awam pastinya asing dengan komponen yang satu ini. Komponen ini memiliki peran yang sangat penting untuk menghubungkan suatu rangkaian ke rangkaian elektronika yang lainnya.



Oleh karena itu, pada kesempatan kali kami akan membahas tentang konektor secara lengkap dari pengertian, fungsi, dan jenis-jenisnya. Jenis konektor ini sangat penting untuk diketahui supaya kita tidak salah dalam memilih atau penggunaannya. Lebih jelasnya, mari langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Cara Kerja Dan Jenis Jenis USB

Pengertian Konektor

Pengertian konektor atau connector dalam teknik elektronika merupakan sebuah komponen elektro-mekanikal yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara satu rangkaian dengan rangkaian elektronika yang lainnya atau bisa juga sebagai penghubung sebuah perangkat dengan perangkat yang lainnya. Konektor (connector) pada umumnya terdiri dari konektor plug (male) dan konektor socket (female).

Sekarang ini ada banyak sekali jenis konektor yang memiliki nama berbeda-beda, tentunya untuk keperluan yang berbeda-beda juga. Berdasarkan penggunaannya, konektor terbagi dalam dua jenis yaitu konektor standar dan konektor khusus. Konektor standar merupakan konektor yang palaing banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Sifat penggunaan konektor standar ini adalah umum, yang dimana biasa digunakan di berbagai perangkat seperti konektor USB, konektor BNC, dan konektor PCB. Sedangkan konektor khusus merupakan sebuah konektor yang dirancang secara khusus untuk dipasangkan pada PCB sebagai penghubung satu rangkaian PCB dengan rangkaian PCB yang lainnya. Konektor ini juga biasa disebut dengan konektor PCB atau PCB connector. Selain itu, konektor ini memiliki banyak bentuk dan jumlah pin (kaki) konektor PCB tergantung dari kebutuhan rangkaian PCB yang terkait.



Fungsi Konektor

Sebelum membahas lebih jauh, kami akan menjelaskan mengenai fungsi konektor terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari konektor yang harus Anda ketahui:

  • Untuk dapat memenuhi kapasitas dan ketahanan keluaran dari masing-masing jenis perangkat
  • Untuk dapat menjaga kestabilan sinyal informasi yang berasal dari pengirim maupun penerima
  • Sebagai titik pertemuan antara kabel dengan instrumen

Baca juga: Cara Mengukur Triac Yang Benar

Jenis-Jenis Konektor Standar

Konektor-konektor standar yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam industri adalah konektor USB, konektor BNC, konektor Koaksial, konektor DC, Power Supply, konektor banana, konektor D, konektor RJ45 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini kami akan memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis konektor standar lengkap beserta bentuk (gambarnya).

  1. Banana Connector (Konektor Banana) dan Socket

Banana connector (konektor banana) juga biasa disebut sebagai konektor 4mm. Hal tersebut karena diameter yang dimiliki oleh banana connector ini memiliki ukuran 4mm. Pin pada konektor ini ada 1 atau 2 per (spring) yang tampak menonjol keluar, sehingga bentuknya sanga mirip dengan pisang atau banana.



Leave a Comment