Komponen Elektronika Pasif Dan Aktif


Komponen Elektronika Pasif Dan Aktif – Seperti yang kita tahu bahwa komponen elektronika terbagi menjadi dua bagian, yaitu komponen aktif dan komponen pasif.

Kedua komponen ini memiliki peran yang sangat penting dalam perangkat elektronika. Bahkan bisa dikatakan sebagai gabungan yang tidak bisa dipisahkan antara satu sama lain.



 

Komponen Elektronika Pasif Dan Aktif

Masing-masing komponen tersebut tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada yang berfungsi sebagai penghambat, penghantar, penguat, penyaring, ataupun sebagai pengendali arus listrik pada suatu rangkaian elektronika.

Disamping itu, berbagai komponen elektronika tersebut juga mempunyai nilai dan tipe masing-masing sehingga mampu menjalankan fungsinya dengan baik sesuai keinginan para perancang rangkaian elektronika.

Komponen Elektronika Aktif (Active Electronic Components)

Komponen elektronika aktif merupakan salah satu jenis komponen elektronika yang membutuhkan arus eksternal untuk bisa beroperasi. Atau bisa dikatakan bahwa komponen aktif ini hanya akan berfungsi jika mendapatkan sumber arus dari luar atau eksternal.

Pada umumnya, komponen elektronika pasif bisa digolongkan menjadi beberapa jenis yaitu, Dioda, Transistor dan IC (Integrated Sirkuit). Beberapa komponen elektronika tersebut dibuat dari bahan semikonduktor seperti selenium, germanium, metal oxides, dan silicon.



Leave a Comment