Komponen Elektronika, Jenis Dan Fungsinya


Sedangkan menurut strukturnya, transistor memiliki 2 tipe struktur yaitu PNP dan NPN. Selain itu, UJT (Unji Junction Transistor), MOSFET (Metal Oxide Semiconductor FET), dan FET (Field Effect Transistor) juga termasuk keluarga dari komponen Transistor.

Berikut ini adalah gambar dan simbol Transistor :



Gambar dan Simbol Transistor

  1. IC (Integrated Circuit)

IC atau Integrated Circuit merupakan salah satu komponen elektronika yang terdiri dari beberapa gabungan seperti jutaan transistor, resistor, dan berbagai komponen lainnya yang diintegrasi menjadi suatu rangkaian elektronika pada kemasan kecil.

Integrated Circuit memiliki bentuk yang sangat beragam, mulai dari yang berkaki tiga sampai dengan ratusan kaki (terminal). Disamping itu, IC juga memiliki fungsi yang cukup banyak. Beberapa fungsi IC adalah sebagai penguat, switching, sebagai pengontrol dan bahkan juga sebagai media penyimpanan.

Pada dasarnya, IC merupakan komponen elektronika yang biasa digunakan sebagai otak pada suatu peralatan elektronika. IC adalah komponen semi konduktor yang cukup sensitif terhadap Electro Static Discharge (ESD). Seperti misalnya, IC yang berfungsi sebagai otak pada suatu komputer yang disebut dengan Microprocessor  memiliki 16 juta transistor, dimana jumlah tersebut masih belum termasuk komponen-komponen elektronika yang lainnya.

Berikut ini adalah gambar dan simbol IC (Integrated Circuit) :

gambar dan simbol IC (Integrated Circuit)

  1. Saklar (Switch)

Saklar merupakan salah satu jenis komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai penghubung atau pemutus aliran listrik.  Pada sebuah rangkaian elektronika, saklar juga biasa dipergunakan sebagai ON/OFF  dalam peralatan elektronika.

Saklar pada suatu rangkaian elektronika sebenarnya tidak berbeda jauh dengan saklar yang digunakan pada instalasi listrik rumah tangga. Saklar yang digunakan pada rangkaian elektronika memiliki banyak sekali jenis dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan rangkaian elektronika itu sendiri.



Leave a Comment