Jenis Kerusakan Pada Mesin Cuci 1 Tabung


Jenis Kerusakan Pada Mesin Cuci 1 Tabung – Mesin cuci merupakan salah satu peralatan elektronika yang dapat mempermudah kegiatan manusia sehari – hari. Mesin cuci terdapat dua macam yaitu mesin cuci dengan satu tabung dan mesin cuci dengan dua tabung dimana tabung satu untuk mencuci dan tabung satunya lagi untuk mengeringkan.



Dalam penggunaan mesing cuci sehari – hari masti akan terdapat masalah pada cara kerja mesin cuci tersebut, mulai dari mesin yang tidak bergerak, atau tidak dapat bekerja sama sekali dan lain sebagainya. Pada umumnya masalah yang sering dialami oleh mesin cuci dapat disebabkan dari berbagai penybab seperti kerusakan pada komponen mesin cuci, kerusakan sensor mesi, adanya permukaan lantai yang tidak rata, kabel listrik rusak, motor mesin rusak.

Baca juga: Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Mendengung

Pada artikel ini akan dibahas mengenai masalah yang mungkin terjadi pada mesin cuci satu tabung dan beberapa cara untuk memperbaikinya. Pada mesin cuci sat tabung ini lebih menyulitkan dibandingkan dengan mesin cuci dua tabung karena untuk tipe ini adalah tipe yang sudah terdapat modul kontrol sehingga tidak mudah untuk memperbaikinya apabila kerusakan terjadi pada modul kontrol tersebut.

Pada umumnya kerusakan mesin cuci dapat disimbolkan dari kode error yang dapat memudahkan untuk mengidentifikasi kerusakan pada mesin cuci. Mesin cuci dengan satu tabung memiliki kelebihan dibanding dengan duan tabung karena fungsi pada mesin cuci ini dapat berjalan secara otomatis (full automatic) jadi tinggal memasukkan pakaian kotor dan melakukan penyesuaian dengan tombol – tombol mesin cuci. Tidak seperti mesin cuci 1 tabung pada mesin cuci 2 tabung kita harus memindahkan cucian yang basah ke tabung pengering yang dinilai kurang praktis dalam penggunaannya.

Baca juga: Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana

Cara Kerja Mesin Cuci 1 Tabung

Sebelum melakukan perbaikan alangkah baiknya kita mengetahui tentang bagaimana proses cara kerja dari mesin cuci satu tabung. Terutama bagi teknisi yang akan melakukan service mesin cuci ini tentu harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana penggunaannya agar dapat mengetahui bagian mana yang mengalami kerusanan, lalu untuk pengguna harus tau cara kerja mesin cuci ini agar dapat menggunakannya dengan baik dan benar.

Pada umumnya mesin cuci 1 tabung dpaat juga disebut dengan top loading karena sesuai dengan artinya yaitu bukaan atas, yang digunakan untuk memasukkan pakaian kotor melalui pintu atas. Berikut ini adalah langkah – langkah dari cara kerja mesin cuci satu tabung ini yaitu:

1) Pastikan kelistrikan sudah siap dengan mengecek steker mesin cuci sudah dihubungkan ke stop kontak

2) Masukkan pakaian kotor ke mesin cuci, jangan lupa perhatikan buku panduan jika terdapat bahan tertentu yang tidak boleh dimasukkan

3) Pastikan keran air sudah dibuka, kebutuhan air untuk mencuci sudah diatur oleh klep otomatis (solenoid valve) yang ada di mesin cuci

4) Tekan tombol power, pada umumnya saat ditekan tombol power akan mengaktifkan mode mencuci kondisi default. Pada kondisi ini pun sebenarnya sudah siap tinggal tekan tombol “Start”. Karena proses selanjutnya berjalan otomatis.

5) Setelah tombol start ditekan, sejenak mesin cuci akan mengukur banyaknya pakaian yang dimasukkan dan akan menyesuaikan jumlah air yang diperlukan.

6) Proses mencuci bisa berlangsung beberapa menit dan jika sudah selesai, air akan dibuang (proses drain) otomatis oleh drain pump.



Leave a Comment