Pengertian, Fungsi Dan Perhitungan Kapasitor Bank


Apabila dalam skala rumahan untuk faktor daya ini dapat diabaikan karena memiliki kapasitas daya yang kecil, tetapi untuk undustri beban motor listrik yang besar akan dangan berpengaruh ajika cos φ (baca: phi) lebih rendah dari pada 0,85, maka daya reaktif yang ada pada industri tersebut dapat dikenakan biaya tambahan daya reaktif yang didsarkan pada pengukuran oleh kVARh – meter.

Karena hal tersebut harga kapasitor untuk industri memiliki harga yang mahal dan dapat dibilang wajib ada agar dapat memperbaiki faktro daya dan juga secara langsung dapat memperbaki kualitas layanan PLN selaku jasa penyedia listrik.



Kapasitor Bank Untuk Rumah

Seperti yang telah disarankan pada penjelasan sebelumnya bahwa kapasitor bank ini dapat untuk meminimalisir kelebihan daya reaktif (VAR) yang akan memperbaiki faktor daya jaringan listrik, tetapi penggunaan kapasitor bank untuk rumah tidak akan terlalu berpengaruh, hal ini dikarenakan oleh nilai daktor daya di instalasi listrik rumah sudah cukup baik

Pada setiap rumah sudah tersedia kWh – meter dan untuk mengukur daya reaktif memerlukan kVARh – meter. Dari segi biaya dapat dibandingkan pemasangan kapasitor bank untuk rumah tidak terlalu ekonomus karena harga dari kapasitor bank ini termasuk mahal untuk ukran jaringan listrik rumah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk rumah tidak diperlukan kapasitor bank karena untuk memperbaiki faktor daya dari penggunaan listrik rumahan itu merupakan tugas dari PLN sebagai jasa penyedia listrik.



Kapasitor Bank Untuk Mobil

Penggunaan kapasitor bank untuk arus lemah lebih sederhana, hal ini sering diaplikasikan pada rangkaian audio mobil. Dapat diketahui bahwa audio mobil memiliki kapasitas amplifier yang besar sehingga diperlukan daya listrik yang besar dan juga stabil. Dan untuk daya listrik yang didapatkan dari aki mobil dan alternator tentunya memili keterbatasan, selain itu juga instalasi kabel listrik juga berjauahan yang sehingga juga dapat menghambat.

Contohnya saja untuk perangkat audio mobil berada dibelakang sedangkan tempat akinya berada didepan. Hal ini dapat mengakibatkan suara yang dihasilkan menjadi tidak maksimal dan dapat sangat berpengaruh terhadap audio frekuensi rendah atau bass akan pecah.

Kapasitor bank pada mobil ini dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan pasokan energi listrik sementara, jadi daya untuk menghidupkan amplifier saat menggunakan kapasitas maksimalnya menjadi tidak terganggu.

Kapasitor Bank Untuk Motor

Penggunaan kapasitor bank untuk motor ini dapat difungsikan sama degan penggunaan aki, tetapi hal ini memiliki perbedaan yaitu untuk kapasitor hanya menyimpan arus sementara waktu dan memiliki kapasitas penyimpanan yang sedikit. Kapasitor bank pada motor memiliki ukuran yaitu 10.000 uf.

Penggunaan dari kapasitor bank ini akan sangat membantu dalam menstabilkan arus yang akan didistribusikan untuk fungsi lainnya, seperti hanlnya untuk nyala lampu, starter, klakson, sein, injeksi, dll. Hal ini dapat menyebabkan penggunaan aki menjadi lebih awet dalam jangka panjang.



Baca juga: Cara Pemasangan Dioda Yang Benar

Manfaat Kapasitor Bank

Dalam pemasangan kapasitor bank memiliki manfaat lain dari penghapusan denda atau kelebihan biaya (kVArh) yaitu:

  • Hindari membebani trafo / trafo secara berlebihan
  • Kurangi kenaikan arus / suhu di kabel,
  • Maksimalkan konsumsi daya terpasang (kVA),
  • Hindari penurunan tegangan pada saluran beban,
  • Tingkatkan kualitas daya,
  • Merawat peralatan listrik yang terpasang.

Berikut adalah perbedaan manfaat dari pemasangan kapasitor bank tunggal dengan pemasangan kapasitor bank terpusat dan masing – masingnya satu beban yaitu:

Manfaat Memasang Kapasitor Bank Tunggal

Berikut adalah beberapa manfaat apabila memasang kapasitor bank tunggal pada beban yaitu:

  • Kontrol penuh, dalam hal ini, yang terbaik adalah digunakan dalam kondisi beban ringan
  • Peningkatan kinerja motor melalui penggunaan listrik yang lebih efisien dan penurunan voltase
  • Motor dan kapasitor dapat dengan mudah bergerak bersama
  • Juga lebih mudah untuk memilih kapasitor yang tepat untuk beban yang tepat

Manfaat Memasang Kapasitor Bank Terpusat

Berikut adalah beberapa manfaat jika memasang kapasitor bank terpusat pada beban yaitu:

  • Mengurangi biaya per kVA (reaktor kVA)
  • Faktor daya total di pabrik dapat ditingkatkan, sehingga mengurangi atau meniadakan biaya kVAR
  • Peralihan otomatis untuk memastikan koreksi faktor daya yang tepat untuk menghilangkan kelebihan kapasitansi. Biasanya memasang pengontrol, pengontrol akan menghitung faktor daya total, jika lebih kecil dari faktor daya maka pengontrol akan secara otomatis mengaktifkan kapasitor tambahan.

Baca juga: Ciri Ciri Kerusakan IC Vertikal TV

Rangkaian Kapasitor Bank

Umumnya rangkaian dari kapasitor bank ini biasanya sederhana yang terssun dari beberapa buah kapasitor dengan nilai tertentu yang disusun secara paralel, tapi perlu dikethui juga untuk pemasangan nilai kapasitor harus sesuai. Jadi perlu dilakukan pengukuran terlebih dahulu seperti pengukuran cos φ (baca: phi) meter.





Leave a Comment