Pengertian, Fungsi Dan Perhitungan Kapasitor Bank




Gambar Struktur Kapasitor clmd 63 ABB

Baca juga: Cara Cek Kapasitor Dengan Mudah

Cara Kerja Kapasitor Bank

Sebelumnya harus dimengerti terlebih dahulu tentang hal – hal dasar ilmu kelistrikan. Salah satunya yaitu power factor atau dapat disebut juga dengan nilai perbandingan antara daya aktif dengan daya tampak atau semu. Dimana penggunaan kapasitor bank sendiri adalah untuk memperbaiki power dactor tersebut.

Daya Tampak adalah hasil dari energi listrik yang ada pada generator listrik yang didapatkan melakui pengukuran dengan satuan Volt – Ampere (VA). Sedangkan untuk daya aktif adalah energi listrik yang sebenarnya yang dinyatakan menggunakan satuan watt.

Pada umumnya daya tampak biasanya memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan dengan daya aktif, hal ini dinyatakan berdasarkan teori. Jadi akan terdapat selisih antara penggunaan daya yang sebenarnya dengan energi listrik yang dihasilkan. Berikut contoh penggambarannya



Baca juga: Rangkaian Kapasitor Seri, Paralel Dan Campuran

Jadi kemanakan sisa energi listrik pada daya tampak tersebut apabila generator dari pembangkit listrik sudah bekerja dengan menghasilkan VA yang sesuai dengan kebutuhan.

Daya listrik yang tampai itu sebenaranya merupakan arus balik yang dapat timbul diakibatkan dari hal yang terjadi pada instalasi listrik saat dibebani oleh alat – alat yang salah satunya dapat menimbulkan elektromagnet, atau dapat disebut komponennya terdiri dari kumparan atau coil.

Seperti yang telah diketahui bahwa ada banyak sekali jenis beban peralatan listrik yang berupa:

  • Beban indukti (L) misalnya motor listrik, kulkas, freezer, kompressor AC, kipas angin
  • Resistif (R) misalnya lampu pijar, setrika listrik
  • Kapasitif (C), yaitu kapasitor itu sendiri

Beban yang ada pada arus bolak – balik (AC) akan terhubung dengan jenis beban induktif yang dapat menyebabkan lagging atau dapat dijelaskan yaitu arus tertinggal terhadap tegangan dan kebanyakan beban listrik ini memiliki sifat induktif.

Nah karena hal itu kapasitor bank dapat berpean untuk memperbaiki power factor yang ada pada jaringan instalasi listrik tersebut dengan melakukan penyeimbangan antara beban induktif dan beban kapasitif, berikut adalah fambar grafik yang menunjukkan karakteristik dari kedua beban tersebut dimana tegangan dan arus mendahului pada masing – masing jenis beban



Penggunaan dari kapasitor bank adalah untuk meminimalisir efek atau dpat melawan sifat dari beban induktif tersebut dengan memasangnya secara paralel dengan beban. Hal itu secara tidak langsung dapat mebuat kapasitor bank menjadi beban atau load bagi jaringan listrik itu sendiri.

Baca juga: Pengertian Kapasitor, Simbol Dan Fungsinya

Jenis – Jenis Kapasitor Bank

Kapasitor Bank Filter Harmonik

Kapasitor bank jenis ini merupakan hasil dari sebagian jenis peralatan yang ada dalam sistem kelistrikan dan biasanya dapat ditemui pada jaringan industir, tetapi juga dapat menyebar ke sistem distribusi lainnya.



Leave a Comment