Pengertian, Fungsi Dan Prinsip Kerja Potensiometer


Fungsi Dan Prinsip Kerja Potensiometer – Pada rangkaian elektronika memiliki komponen yang dapat mengartur suatu nilai, komponen yang dimaksudkan adalah potensiomete. Potensiometer sendiri memiliki pengertian yaitu komponen yang berasal dari salah satu jenis resistor yang nilai resistansinya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pemakainya pada rangkaian elektronika.



Komponen ini termasuk dalam keluarga resistor yang tergolong dalam variable resistor. Potensio biasanya sering ditemukan untuk mengartur volume dari peralatan audio maupun video seperti contohnya radio, walkie talkie, tape mobil, DVD player, maupun amplifier. Potensio ini juga sering sekali digunakan pada rangkaian pengatur terang gelapnya lampu (light dimmer cicuit) atau bahkan sebagai pengatur tegangan yang ada pada power supply (DC generator).

Baca juga: Cara Mengukur Potensiometer 3 Kaki dan 6 Kaki

Potensiometer ini masih didalam keluarga resistor yang tergolong dalam kategori variabel resistor yang secara strukturnya terdiri dari 3 kaki terminal dengan sebuah shaft atau tuas yang dapat difungsikan sebagai pengaturnya.

Komponen potensio ini biasanya dapat difungsikan sebagai satu paket dengan kenop (pegguna memutar knop), dan pemutaran ini dapat diartikan sebagai perubahan hambatan yang terjadi pada rangkaian listrik. Perubahan hambatan tersebut dapat disesuaikan dengan beberapa aspek lain seperti sinyal listri atau volume sinyal audio.

Karena merupakan komponen perangkat pasif maka potensiometer tidak membutuhkan catu daya ataupun sirkuit tambahan dalam menjalankan fungsi penginderaan posisi secara linear maupun secara putaran. Potensio ini hanya dioperasikan denga salah satu dari dua mode dasar yaitu rheostat atau pembagi tegangan. Dalam penggunaan dengan mode rheostat, potensiometer hanya menggunakan dua terminal yang terdiri dari satu ujung dan wiper.

Baca juga: Pengertian, Cara Kerja Dan Fungsi Phototransistor

Simbol dan Bentuk Potensiometer

Berikut adalah simbol dari potensiometer. Penulisan dari simbol potensiometer terbagi menjadi dua yaitu standar umum yang menggunakan standar ANSI dan juga standar IEC. Berikut gambar simbolnya yaitu:



Standar ANSI

Standar IEC

Potensio memiliki berbagai macam bentuk tergantung dari jenis – jenisnya beserta dengan kaki – kaki yang terdapat pada potensio tersebut. dibawah ini adalah contoh beberpa bentuk – bentuk potensio.



Struktur Potensiometer

Potensio memiliki bebrapa bagian – bagian penting. Bagian – bagian itu adalah penyapu atau juga dapat disebut dengan wiper, lalu terdapat elemen resistfi, dan yang terakhir potensiometer ini memiliki terminal – terminal sebagai jalur untuk mengalirkan tegangan atau daya listrik.

Baca juga: Pengertian Dan Fungsi Rheostat

Prinsip dan Cara Kerja Potensiometer

Berikut adalah prinsip dan cara kerja dari salah satu komponen elektronika maupun komponen listri yaitu potensiometer sebagai berikut.

Prinsip Kerja Potensiometer

Prinsip kerja dari potensiometer adalah dengan melakukan variasi posisi kotak geser yang melewati resistansi seragam. Pada komponen ini selurh tegangan input dapat diterapkan pada pseluruh bagia tesistor dan tegangan keluarannya merupakan penurunan dari tegangan antara kontak tetap dan geser seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini



Leave a Comment