Mengenal Kabel NGA, Fungsi Dan Harganya


N = Jenis Kabel dengan inti tembaga

G = Material Isolasi berupa Karet



A = Inti Kabel bersifat tunggal

Spesifikasi NGA

Untuk kabel dengan kode kabel NGA memiliki spesifikasi yang sangat khas yaitu dengan memiliki inti tembaga tungga dan juga memiliki isolasi yang berbahan dasar karet. Penggunaan kabel ini seringkali ditemui sebagai penghantar dalam suatu insalasi penerangan yang tidak memerlikan daya (watt yang tinggi).

Baca juga: Pengertian, Harga Dan Fungsi Stavolt

Baca juga: Pengertian, Fungsi Dan Perhitungan Kapasitor Bank

Fungsi NGA

Sedangkan untuk kabel dengan kode kabel NGA ini memiliki fungsi secara umum adalah sebagai pengubung dari konstriksi listrik di beberapa cluster – cluster perumahan dan juga dapat berfungsi sebagai kabel yang digunakan untuk lampu penerangan jalan di perkotaanan maupun di jalan – jalan pedesaan.



Kelebihan dan Kekurangan NGA

Kabel dengan kode NGA ini memiliki kelebihan yaitu kabel ini memiliki sifat yang fleksibel dengan tegangan atau voltase yang rendah. Jadi kabel ini sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis konsturksi listrik yang memiliki daya listrik rendah atau watt yang kecil.

Kabel jenis ini selain memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan. Untuk kekurangan dari kabel NFA adalah tidak dapat digunakan apabila penggunaannya untuk instalasi listrik yang memiliki daya atau watt dalam volume ang besar (tinggi).

Baca juga: Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Mendengung

Baca juga: Jenis Kerusakan Pada Mesin Cuci 1 Tabung

Demikian artikel singkat kali ini yang telah membahas mengenai salah satu kabel listrik yang terdapat pada beberapa instalasi kelistrikan yaitu kabel dengan kode NGA. Semoga artikel kali ini dapat membantu anda dalam mengetahui lebih lanjut tentang kabel – kabel yang sesuai dengan standar kode dari PLN.



Leave a Comment