Penjelasan Kabel Fasa, Kabel Netral Dan Kabel Arde


Grounding ini memiliki fungsi yang lainnya adalah untuk menghilangkan induksi listrik yang dapat muncul di chasis perangkat elektroik yang mengandung bahan logam yang terdapat pada beberapa perangkat elektronik yang sensitif terhadap induksi listrik dan kemungkinan tidak dapat bekerja secara optimal apabila tidak dilakukan grounding dengan baik.

Sistem grounding pada prosesrepaeasi juga memiliki peran yang penting untuk menghindari listrik statis saat melakukan soldering. Yang terpenting adalah ground tersebut dapat berfungsi sewaktu – waktu saat rumah terkena paparan petir.



Baca juga: Mengenal Ukuran Baterai Jam Tangan (Baterai Kancing)

Baca juga: Simbol MCB Dan Cara Membaca Kodenya

Perbedaan Kabel Instalasi Listrik (Fasa, Netral, Arde) Saat Hendak Memasang Instalasi Listrik

Berikut ini adalah beberapa cara – cara membedakan kabel – kabel pada instalasi listrik rumah maupun gedung saat sebelum melakukan instalasi listrik yaitu:

Membedakan Warna Kabel

Untuk cara pertama adala kita membedakan dari warna kabelnya berikut ini adalah pemilihan warna kabel yang benar yaitu:

  • Kabel Phase: menggunakan Kabel berwarna Merah, Hitam, Coklat, Abu-abu atau selain warna Biru, Hijau, atau Kuning-Hijau.
  • Kabel Netral: menggunakan Kabel berwarna Biru
  • Kabel Arde: menggunakan Kabel Kuning-Hijau

Perbedaan warna kabel diatas adalah pembedaan menggunakan standar yang baru, sedangkan pada saat ini masih banyak yang menggunakan pembedaan warna yang lama. Berikut ini adalah pembeda warna pada kabel – kabel tersebut:

  • Kabel Phase: menggunakan Kabel berwarna Merah, Kuning atau Biru
  • Kabel Netral: menggunakan Kabel berwarna Hitam
  • Kabel Arde: menggunakan Kabel Kuning-Hijau

Membedakan Ukuran Kabel

Pada instalas listri rumah maupun gedung kota dapat membedakan kabel fasa dan kabel netral berdasarkan ukurannya. Untuk kabel fasa memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kabel netral. Sedangkan untuk kabel arde memiliki ukuran yang sama dengan ukuran kabel fasa akan tetapi kabel arde terdiri dari dua warna yaitu hijau dan kuning berdeda dengan kabel fasa.

Memberi Garis Atau Jepitan pada Ujung Kabel

Cara yang terakhir adalah memberikan garis pada ujung kabel atau menjepitnya sedikit dengan menggunakan tang. Cara ketiga ini sering dilakukan teknisi apabila kabel tidak dapat dibedakan berdasarkan ukuran maupun warnanya. Berikut ini adalah perbedaan jumlah garis atau jepitan yang diberikan pada masing – masing kabel yaitu:

  • Kabel Netral. Tidak ada garis/jepitan
  • Kabel Fasa. satu Garis/jepitan
  • Kabel Fasa ke Lampu. dua garis/jepitan, dan seterusnya

Cara ini juga perlu dilakukan meskipun kabel memiliki warna yang berbeda, hal tersebut memiliki tujuan yaitu unutk membedakan mana ujung dan pangkalnya saat dimasukkan kedalam pipa – pipa.

Baca juga: Mengenal Kabel NGA, Fungsi Dan Harganya

Baca juga: Mengetahui Listrik 450 VA Berapa Watt

Perbedaan Kabel Instalasi Listrik (Fasa, Netral, Arde) Saat Sudah Terpasang Instalasi Listrik

Berikut ini beberapa cara membedakan kabel instalasi listrik rumah maupun gedung apabila telah dilakukan instalasi listrik yaitu:

Melihat Warna Kabel

Pada instalasi listrik yang telah dipasang kita tidak kesulitan dalam membedakan kabel – kabelnya karena dapat melihat dari warna – warna kabel yang sudah dijelaskan seperti yang sebelumnya.

Menggunakan Testpen

Berikut ini cara mudah dalam membedakan kabel menggunakan terpen dengan langkah – langkah dibawah ini:

1) Pastikan Posisi MCB utama menyala



Leave a Comment