Penjelasan Kabel Fasa, Kabel Netral Dan Kabel Arde


Pada umumnya kita sering meliat pada steker listrik yang biasa digunakan terdappat seperti logam disisi atas dan bawah seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:



Pada semua barang – barang atau peralatan – peralatan elektronika yang membutuhkan listrik dan memiliki steker dengan ground dimana yang memiliki fungsi dasar sebagai penetral barang elektronik tersebut apabila terjadi kebocoran listrik. Contohnya saja apabila suatu rumah memiliki kulkas yang sudah berumur tentu akan terdapat bagian cat yang telah mengelupas dan jika bagian tersebut tidak sengaja tersentuh maka akan sedikit terasa kejuatan listrik. Hal tersebut adalah yang dimaksud dengan kebocoran listrik.

Baca juga: Fungsi TOR (Thermal Overload Relay)

Baca juga: Gambar Dan Fungsi Avometer Digital Analog

Pada body kulkas pasti tidak akan ada kebocoran apabila kulkas tersebut menggunakan steker yang sudah terdapat ground juga apabila rumah tersebut groundingnya sudah terinstall dengan baik ke tanah dengan kedalaman tertentu.

Jadi diharapkan untuk selalu membedakan kabel netral dengan kabel ground, dimana kabel netral didapat dari pembangkit listrik atau dengan kata lain ground sebagai pembangkit listrik, sedangkan ground yang terdapat pada rumah diperleh dengan cara menghubungkan body perangkat listrik ke tanah dengan kedalaman tertentu berdasarkan kelembaban tanah yang akan ditancapkan kabel ground tersebut.



Grounding ini memiliki fungsi yang lainnya adalah untuk menghilangkan induksi listrik yang dapat muncul di chasis perangkat elektroik yang mengandung bahan logam yang terdapat pada beberapa perangkat elektronik yang sensitif terhadap induksi listrik dan kemungkinan tidak dapat bekerja secara optimal apabila tidak dilakukan grounding dengan baik.

Sistem grounding pada prosesrepaeasi juga memiliki peran yang penting untuk menghindari listrik statis saat melakukan soldering. Yang terpenting adalah ground tersebut dapat berfungsi sewaktu – waktu saat rumah terkena paparan petir.

Baca juga: Mengenal Ukuran Baterai Jam Tangan (Baterai Kancing)

Baca juga: Simbol MCB Dan Cara Membaca Kodenya

Perbedaan Kabel Instalasi Listrik (Fasa, Netral, Arde) Saat Hendak Memasang Instalasi Listrik



Berikut ini adalah beberapa cara – cara membedakan kabel – kabel pada instalasi listrik rumah maupun gedung saat sebelum melakukan instalasi listrik yaitu:

Membedakan Warna Kabel

Untuk cara pertama adala kita membedakan dari warna kabelnya berikut ini adalah pemilihan warna kabel yang benar yaitu:

  • Kabel Phase: menggunakan Kabel berwarna Merah, Hitam, Coklat, Abu-abu atau selain warna Biru, Hijau, atau Kuning-Hijau.
  • Kabel Netral: menggunakan Kabel berwarna Biru
  • Kabel Arde: menggunakan Kabel Kuning-Hijau

Perbedaan warna kabel diatas adalah pembedaan menggunakan standar yang baru, sedangkan pada saat ini masih banyak yang menggunakan pembedaan warna yang lama. Berikut ini adalah pembeda warna pada kabel – kabel tersebut:

  • Kabel Phase: menggunakan Kabel berwarna Merah, Kuning atau Biru
  • Kabel Netral: menggunakan Kabel berwarna Hitam
  • Kabel Arde: menggunakan Kabel Kuning-Hijau

Membedakan Ukuran Kabel

Pada instalas listri rumah maupun gedung kota dapat membedakan kabel fasa dan kabel netral berdasarkan ukurannya. Untuk kabel fasa memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kabel netral. Sedangkan untuk kabel arde memiliki ukuran yang sama dengan ukuran kabel fasa akan tetapi kabel arde terdiri dari dua warna yaitu hijau dan kuning berdeda dengan kabel fasa.

Memberi Garis Atau Jepitan pada Ujung Kabel





Leave a Comment