Penjelasan Kabel Fasa, Kabel Netral Dan Kabel Arde


Kabel netral ini pada dasarnya adalah kabel acuan atau tegangan 0 pada instalasi listrik. Apabila pada pembangkit listrik kabel netral ini akan disambungkan ke tanah (jika digunakan pada pembangkit listrik, berbeda dengan instalasi rumah). Dan kabel ini sering dilabeli dengan huruf “N” yang berarti netral. Kabel ini juga dapat disebut dengan kabel badan.

Pengertian Kabel Arde

Kabel arde atau pada umumnya juga disebut dengan kabel grounding. Kabel ini menggunakan warna kabel hijau – kuning uang hampir disetiap instalasi listrik rumahan yang sering dilupakan dan tidak dipasang padahl memiliki fungsi yang vital. Terlebih lagi saat penggunaan listrik yang ada pada wilayah rawan petir.



Pada umumnya kita sering meliat pada steker listrik yang biasa digunakan terdappat seperti logam disisi atas dan bawah seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:

Pada semua barang – barang atau peralatan – peralatan elektronika yang membutuhkan listrik dan memiliki steker dengan ground dimana yang memiliki fungsi dasar sebagai penetral barang elektronik tersebut apabila terjadi kebocoran listrik. Contohnya saja apabila suatu rumah memiliki kulkas yang sudah berumur tentu akan terdapat bagian cat yang telah mengelupas dan jika bagian tersebut tidak sengaja tersentuh maka akan sedikit terasa kejuatan listrik. Hal tersebut adalah yang dimaksud dengan kebocoran listrik.

Baca juga: Fungsi TOR (Thermal Overload Relay)

Baca juga: Gambar Dan Fungsi Avometer Digital Analog

Pada body kulkas pasti tidak akan ada kebocoran apabila kulkas tersebut menggunakan steker yang sudah terdapat ground juga apabila rumah tersebut groundingnya sudah terinstall dengan baik ke tanah dengan kedalaman tertentu.

Jadi diharapkan untuk selalu membedakan kabel netral dengan kabel ground, dimana kabel netral didapat dari pembangkit listrik atau dengan kata lain ground sebagai pembangkit listrik, sedangkan ground yang terdapat pada rumah diperleh dengan cara menghubungkan body perangkat listrik ke tanah dengan kedalaman tertentu berdasarkan kelembaban tanah yang akan ditancapkan kabel ground tersebut.



Leave a Comment