Penjelasan Kabel Fasa, Kabel Netral Dan Kabel Arde


Penjelasan Kabel Fasa, Kabel Netral Dan Kabel Arde – Pada suatu instalasi listrik rumah maupun gedung pasti menggunakan beberapa macam kabel untuk menyalurakan arus listriknya.



Dalam melakukan instalasi listrik rumah maupun bangunan diharapkan untuk mengetahui beberapa hal salah satunya yaitu mengetahui tentang kabel – kabel yang digunakan untuk instalasi tersebut. Hal itu dapat membantu untuk mencegah terjadinya kesalahan pemakaian listrik yang dapat berakibat fatal seperti korsleting listrik, tersengat listrik atau sampai kerusakan alat – alat rumah tangga.

Baca juga: Pengertian Tespen Dan Cara Menggunakannya

Baca juga: Instalasi Listrik Rumah Tangga Sederhana

Pada umumnya instalasi listrik menggunakan 3 kabel utama yaitu kabel fasa, netral, arde. Kemungkinan masih banyak pemasangan instalasi listrik yang hanya terdiri dari dua kabel yaitu hanya kabel fasa dan kabel netral, maka disarankan untuk instalasi listrik dilengkapi dengan kabel arde juga. Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai kabel arde yang terdapat pada instalasi listrik rumah maupun instalasi suatu gedung.

Pengertian Kabel Fasa

Kabel fasa merupakan kabel yang mengandung tegangan dan pada uumnya selalu dilambangkan dengan simbol sinusoida, biasanya kabel ini berwarna kuni atau merah atau juga warna hitam. Didunia kelistrikan kabel ini menggunakan warna hitam sedangkan didunia elektronika warna hitam sebagai kabel negatif.

Apabila pada stop kontak atau kabel yang berupa kabel fasa ini jika dilakukan tes dengan tespen maka lampu indikator tespen tersebut akan menyala. Pada beberapa instalasi listrik kabel fasa ini dilabeli dengan huruf “L” yang memiliki arti line. Kabel ini juga dapat disebut dengan kabel api.

Baca juga: Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Masih Nyala

Baca juga: Pengertian Busbar Dan Fungsinya

Pengertian Kabel Netral

Untuk kabel netral pada instalasi listrik menggunakan warna biru, apabila kabel netral ini tersentuh oleh manusia tidak akan tersetrum karena sesuai dengan namanya netral yang berarti tidak mengandung tegangan. Begitu juga kita mengukurnya dengan menggunakan tespen untuk mengukur maka lampu pada tespen tidak akan menyala.



Leave a Comment