Harga Dan Ukuran Kabel AWG


Harga Dan Ukuran Kabel AWG – Pada penggunaan kabel – kabel untuk rangkaian listrik ataupun untuk rangakaian elektronika pasti dibutuhkan satuan antar kabel tersebut.



Salah satu satuan standar kabel adalah AWG. Dimana satuan ini merupakan singkatan dari American Wire Gauge. Dimana satuan ini dapat digunakan untuk menyatakan nilai dari ketebalan suatu konduktor pada satu kabel. Dimana pengukurannya dalam satuan mm (mili meter). Adanya hubungan besaran antara AWG dengan mili meter umumnya banyak digunakan terutama saat menggunakan referensi yang didasarkan pada pengukuran yang berasal dari amerika serikat.

Baca juga: Penjelasan Kabel Fasa, Kabel Netral Dan Kabel Arde

Baca juga: Mengenal Kabel NGA, Fungsi Dan Harganya

Kabel yang berdasarkan satuan AWG memiliki tercetak tersebut diantaranya seperti 8, 10, 12, 14, 16, dll. Angka – angka tersebut dapat mewakilkan diameter wire pada kabel – kabel tersebut. Angka yang biasa digunakan adalah 0 – 40 dan pada umumnya cara penulisannya seperti ini 16AWG atau 16 gauge atau #16 cable. Terdapat beberapa hal yang membingungkan pada satuan AWG ini adalah angka yang terbalik dari logika kita.

Jadi semakin kecil angka AWG maka akan semakin besar juga kabel tersebut dan apabila semakin besar angka AWG maka akan semakin kecil juga kabel tersebut. contohnya yaitu kabel 14 AWG lebih besa daripada kabel 16 AWG. Satuan AWG ini sangat umum digunakan untuk spesifikasi kabel speaker, audio dan video. Nilai AWG yang disebut biasanya digunakan untuk 1 konduktor utama kabel tersebut. berikut adalah beberapa contohnya:



  • Kabel speaker belden 8471 (specs konduktor 16 AWG).

Isi kabel 2 konduktor, hal tersebut dapat diartikan bagwa masing – masing konduktor tersebut memiliki ketebalan sebesar 16 AWG jadi jika dikonversikan menjadi mili meter yaitu kabel tersebut memiliki ukuran 2 x 1,31 mm²

  • Kabel speaker canare 4s8 (specs konduktor 16AWG)

Isi kabel 4 konduktor. Hal itu dapat diartikan bahwa masing – masing konduktor memiliki ketebalan sebesar 14 AWG dan bila dikonversikan menjadi mm adalah 4 x1,31 mm²

  • Kabel VGA 26 AWG (Specs konduktor 26 AWG)

Kabel jenis ini memiliki isi yang banyak dengan konfigurasi yang rumit. Tepatnya terdapat 3 kabel coaxial dan 6 kabel data yang terdapat didalam kabel tersebut. kabel ini memiliki ukuran 26 AWG yang dapat mendefinisikan dari nilai konduktor utama yaitu salah satu dari 3 kabel coaxial tersebut. meskipun begitu walau hanya 26 AWG (relatif kecil) tetapi untuk keseluruhan diameter dari kabel tersebut tebal, karena memiliki isi yang banyak.

Baca juga: Kode Dioda Dan Voltase Dioda

Baca juga: Cara Memperbaiki Lampu Led Mati atau Berkedip

Kode UL dari Kabel AWG dan AWM

Pada Amerika Serikat dan Canada telah memberlakukan kode UL ini untuk material yang telah disertifikasi UL, material tersebut biadanya memiliki kelas anti bakar. Dan untuk beberapa angka ang berada dibelakang huruf UL memiliki arti yang digunakan untuk menunjukkan nilai insulasi, ketahanan terhadap voltase, ketebalan kulit, ketahanan terhadap perlakukan lipatan, dan lain sebagainnya.





Leave a Comment