Jenis Jenis IC, Fungsi Dan Simbolnya Lengkap


Jenis Jenis IC Dan Fungsinya Lengkap – Integrated Circuit atau yang biasa disingkat dengan IC merupakan salah satu komponen yang seringkali dijumpai pada sebuah rengkaian elektronika modern dan canggih. Mungkin hampir semua perangkat elektronik yang kita gunakan sekarang ini sudah menggunakan komponen IC.

Jenis-Jenis IC



IC memang sangat populer  dan banyak digunakan karena memiliki kemampuan yang bisa mengintegrasikan ratusan hingga jutaan transistor, dioda, resistor dan juga kapasitor dalam sebuah kemasan yang berukuran kecil. Dalam bahasa Indonesia, IC (Integrated Circuit) ini disebut sebagai sirkuit terpadu.

Baca juga: Penjelasan Cara Kerja IC

Jenis-Jenis IC (Integrated Circuit)

Secara umum, komponen IC ini terbagi menjadi beberapa jenis seperti TTL, CMOS, dan Linear. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis komponen IC tersebut:

  1. TTL (Transistor transistor Logic)

Transistor transistor Logic

IC TTL (Transistor Transistor Logic) ini termasuk dalam jenis IC digital. IC TTL umumnya menggunakan komponen transistor sebagai komponen utamanya. Jenis IC yang satu ini menggunakan sinyal gelombang kotak atau square dengan dua kondisi, yaitu 0 atau 1 yang memiliki fungsi sebagai saklar.

Fungsi dari jenis IC ini banyak digunakan di berbagai variasi logika, sehingga IC ini seringkali disebut sebagai Transistor Logic. IC TTL memiliki berbagai macam gerbang logika dengan banyak fungsi seperti AND, NAND, OR, NOR, dan XOR.



Disamping itu, masih ada banyak sekali fungsi logika yang lainnya seperti decoder, encoder, multiflexer, dan memory. Sehingga IC sudah pasti memiliki pin dalam jumlah yang cukup banyak dan beragam mulai dari 8 sampai dengan 40 pin. Komponen ini baru bisa digunakan jika mendapatkan tegangan arus listrik sebesar 5 Volt.

  1. IC – CMOS

IC – CMOS

IC – CMOS (Complementary with MOSFET) adalah jenis IC digital yang merupakan kombinasi dari beberapa komponen MOSFET. Komponen IC ini juga menggunakan sinyal gelombang kotak atau square dengan dua kondisi, yaitu 0 atau 1 yang memiliki fungsi sebagai saklar.

IC – CMOS memiliki fungsi utama sebagai pembentuk gerbang (gate) dengan fungsi logika. Dengan begitu maka rangkaian elektronik yang telah menggunakannya akan berfungsi secara otomatis.

Adapun berbagai macam gerbang logika yang dimiliki oleh IC CMOS adalah fungsi AND, NAND, OR, NOR, dan XOR. Selain itu, masih ada banyak fungsi logika yang lainnya seperti encoder, decode, multiflexer, dan memory. IC CMOS baru bisa digunakan jika mendapat arus listrik sebesar 12 Volt.

  1. IC Linear (Linear IC)

IC Linear



IC Linear ini terlihat berbeda dengan jenis IC lainnya, hal ini karena IC Linear tidak termasuk dalam jenis IC digital. Seperti yang kita tahu bahwa IC digital umumnya menggunakan sinyal kotak, maka IC Linear ini menggunakan sinusoida dan memililiki fungsi sebagai penguat (amplifier).



Leave a Comment