Pengertian, Menghitung Dan Rumus Impedansi


Pengertian Impedansi – Bagi Anda yang merupakan seorang teknisi elektronika tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya impedansi. Impedansi listrik atau yang biasa disebut sebagai impedansi merupakan nilai hambatan listrik yang ada dalam arus bolak balik atau Alternating Current (AC).

Pengertian, Menghitung Dan Rumus Impedansi



Impedansi listrik juga sering disebut sebagai jumlah dari hambatan listrik yang dimiliki oleh suatu komponen elektronika terhadap aliran arus dalam rangkaian pada frekuensi yang tertentu. Nah, untuk mengetahui seluk beluk impedansi secara lengkap mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Impedansi Listrik

Pengertian Impedansi

Pengertian impendasi listrik secara sederhana merupakan resistansi yang lebih akurat dan kompleks pada arus bolak-balik AC. Walaupun pada alat elektronik speker terdapat impedansi, tetapi tidak akan mempengaruhi kualitas secara menyeluruh. Hanya saja dapat mempengaruhi cara kerja suatu sistem audio. Impedansi atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Impedance ini umumnya dilambangkan dengan huruf Z.

Selain itu, ada beberapa pengertian impedansi yang lainnya, yaitu:

  • Impedansi  listrik merupakan hambatan listrik yang ada pada arus AC.
  • Impedansi listrik (electrical impedance) merupakan ukuran penolakan terhadap arus bolak balik sinusoid.

Baca juga: Rumus Hambatan Listrik

Karakteristik Impedansi

Pengertian Impedansi



Impedansi memiliki beberapa karakteristik tertentu. Adapun beberapa karakteristik tersebut adalah sebagai berikut :

  • Digunakan pada arus DC dan AC, namun pada arus DC tidak akan membutuhkan frekuensi.
  • Impedansi telah diatur pada Hukum Kirchoff, yang dimana minus Voltase dan arus akan kompleks.
  • Impedansi dapat diartikan sebagai nilai pembagian antara fasor tegangan serta arus.
  • Dapat digunakan dalam menyatakan jumlah bagian nyata atau real dan bagian imajiner berupa binomial.
  • Selain itu, juga dapat digunakan digunakan pada bidang yang lebih kompleks, yang mana biasanya disebut dengan diagram Fresnel.

Pengertian dan Perbedaan Impedansi dengan Resistansi

Impedansi dan Resistansi

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, bahwa impedansi adalah ukuran hambatan listrik yang ada pada sumber arus listrik bolak-balik. Sedangkan pengertian resistansi merupakan kemampuan yang dimiliki oleh sebuah benda dalam menghambat atau mencegah aliran arus listrik.

Pada dasarnya, impendansi jauh lebih kompleks jika dibandingkan dengan resistansi. Hal ini dikarenakan adanya efek kapasitansi dan induktansi yang beragam dengan frekuensi arus yang melalui rangkaian. Atau bisa dikatakan bahwa impedansi merupakan bentuk resistansi yang tergantung dari frekuensi.

Impedansi dan resistansi mempunyai kesamaan, dimana hambatan listrik yang dimiliki oleh suatu komponen terhadap arus listrik  dan satuan yang digunakan sebagai pengukuran  adalah Ohm (Ω). Namun berbeda halnya dengan resistansi, jumlah hambatan listrik yang dimiliki oleh impedansi akan mengalami perubahan seiring dengan berubahnya frekuensi sinyal. Hal tersebut menandakan dengan jelas bahwa tahanan (hambatan) sebuah komponen sangat bervariasi karena tergantung dari frekuensi sinyal yang masuk ke komponen itu sendiri.



Leave a Comment