Pengertian Dan Jenis IC Regulator


Pengertian IC Regulator – Bagi anda yang setiap harinya berkecimpung dalam dunia elektronika tentu sudah sering menjumpai komponen yang bernama IC Voltage Regulator. Komponen yang satu ini umumnya berada di berbagai adaptor atau power supply.

Pengertian IC Voltage Regulator



IC Regulator pada catu daya memiliki fungsi sebagai pentabil tegangan input jika mengalami perubahan tegangan pada input. Untuk mengetahui infonya secara lebih lengkap mari simak pembahasan berikut ini.

Kali ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian IC Voltage Regulator, fungsi dan juga jenis-jenisnya. Kami juga akan memberikan contoh rangkaiannya sehingga akan lebih memudahkan anda untuk mempelajari komponen elektronika yang satu ini.

Baca juga: Rangkaian IC 555

Pengertian IC Voltage Regulator

Pengertian IC Voltage Regulator

IC regulator atau IC Voltage Regulator merupakan sebuah komponen elektronika yang biasa digunakan sebagai pengatur tegangan dalam rangkaian elektronika. Komponen ini dinamakan dengan IC (Integrated Circuit) karena terdiri dari puluhan hingga ratusan komponen transistor, dioda, kapasitor dan resistor yang bergabung dalam sebuah komponen IC Regulator.

Komponen ini banyak dijumpai di berbagai jenis adaptor yang digunakan untuk menyalurkan tegangan DC untuk laptop, notebook, handphone, dan lain sebagainya. Selain itu, di beberapa peralatan elektronika yang power supply  atau catu dayannya diintegrasi langsung ke dalam unitnya seperti DVD Player, Televisi, dan Komputer Dekstop.



Fungsi IC Regulator

IC Voltage Regulator ini memiliki fungsi utama untuk dapat mempertahankan atau mengatur tegangan pada level tertentu (disesuaikan dengan nilai yang ada pada IC Regulator) secara otomatis. Sehingga tegangan ouput pada voltage regulator akan selalu dalam keadaan stabil dan tidak dipengaruhi oleh tegangan input, beban pada output dan suhu.

Adapun contohnya adalah sebagai berikut ini:

  • IC Regulator 7805 bisa menghasilkan output sebesar 5V
  • IC Regulator 7812 bisa menghasilkan ouput sebesar 12V
  • IC Regulator 7902 bisa menghasilkan ouput sebesar -5V

Tegangan ouput yang selalu dalam keadaan stabil dan bebas dari segala macam gangguan seperti noise atau fluktuasi memang sangat penting. Hal ini karena juga dibutuhkan untuk menjalankan beberapa macam peraltan elektronika khususnya yang bersifat digital seperti Mikro Controller maupun Mikro Processor.

Jadi dapat dikatakan bahwa rangkaian voltage regulator ini memiliki peran yang sangat penting dan sudah menjadi suatu keharusan supaya rangkaian elektronika bisa mendapatkan tegangan yang selalu stabil dan bebas dari fluktuasi.

Jenis-Jenis IC Voltage Regulator

IC Voltage Regulator bisa diklasifikasikan hingga menjadi beberapa kelompok. Berdasarkan dari bentuk atau jumlahnya ada 2 jenis IC Regulator yang penting untuk diketahui, yaitu IC Regulator 3 terminal dan 5 terminal.

Sementara itu, jika dibedakan berdasarkan fungsinya maka IC Voltage Regulator dibagi menjadi 3 macam jenis yaitu Fixed Voltage Regulator, Adjustable Voltage Regulator, dan Switching Voltage Regulator. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai jenis-jenis IC Voltage Regulator tersebut:



  1. Fixed Voltage Regulator (Pengatur Tegangan Tetap)

Fixed Voltage Regulator

Fixed Voltage Regulator atau pengatur tegangan tetap merupakan salah satu jenis IC Regulator yang memiliki tegangan output bernilai tetap dan tidak bisa diubah berdasarkan kebutuhan rangkaiannya. Tegangan tersebut sudah ditetapkan oleh produsen IC sehingga tegangan DC yang telah diatur juga akan selalu tetap berdasarkan spesifikasi IC-nya.

Seperti misalnya pada IC Voltage Regulator 7805, maka output tegangan DC-nya hanya sebesar 5 Volt DC. Pengatur tegangan tetap ini sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu Positife Voltage Regulator dan Negative Voltage Regulator.

Adapun jenis IC Voltage Regulator yang paling banyak dijumpai di pasaran adalah tipe 78XX. Tanda XX yang terletak di belakang angka tersebut adalah kode angka yang menunjukkan nilai tegangan ouput DC pada IC Voltage Regulator itu sendiri. Contohnya adalah 7805, 7808, 7812, dan lainnya. IC 788XX ini adalah IC yang berjenis Positive Voltage Regulator.

Sementara itu, untuk IC jenis Negative Voltage Regulator mempunyai desain, kontruksi, dan prinsip kerja yang tidak jauh berbeda dengan jenis Positive Voltage Regulator. Perbedaannya hanyalah polaritas yang ada pada tegangan ouputnya. Beberapa contoh IC yang berjenis Negative Voltage Regulator adalah 7905, 7912, aau IC Voltage Regulator yang memiliki awalan kode 89XX. IC Fixed Voltage Regulator dapat dikategorikan sebagai IC Linear Voltage Regulator.



Contoh Rangkaian IC Voltage Regulator 78XX dan 79XX

Ketika memasang suatu komponen IC regulator maka penting sekali untuk memperhatikan ketiga pin dengan benar, yaitu bagian INPUT, OUTPUT, dan GROUND. Jika pemasangan ketiga  pin ini dilakukan dengan tidak benar atau terbalik, maka bisa menyebakan terjadinya kerusakan pada komponen IC.

Maka dari itu, anda harus benar-benar pastikan terlebih dahulu mengenai ketiga pin ini sebelum melakukan pemasangan, mana yang merupakan bagian INPUT, OUTPUT dan GROUND.

Pemasangan IC Regulator 78XX

Pemasangan IC Regulator 78xx

 

Pemasangan IC Regulator 79XX

Pemasangan IC Regulator 79XX

  1. Adjust Voltage Regulator

Adjustable Voltage Regulator

Adjust Voltage Regulator adalah jenis IC sebagai pengatur tegangan DC yang mempunyai range nilai tegangan output tertentu. Sehingga tegangan output yang dimiliki oleh Adjust Voltage Regulator ini bisa mengalami perubahan dan diatur berdasarkan kebutuhan rangkaian iu sendiri.

Tidak jauh berbeda dengan Fixed Voltage Regulator, IC Regulator juga dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu Adjustble Voltage Regulator Positif dan Adjustable Voltage Regulator Negatif.

Salah satu contoh tipe Adjustable Voltage Regulator Positif adalah LM317 yang mempunyai range nilai tegangan mulai dari 1.2 sampai dengan 37 Volt DC. Sedangkan contoh dari tipe Adjustble Voltage Regulator Negatif adalah LM337, yang dimana mempunyai range nilai tegangan yang sama dengan LM317. Adjustable Voltage Regulator ini dapat dikategorikan sebagai IC Linier Voltage Regulator.



Leave a Comment