Harga VW Kodok Terlengkap Beserta Kelebihan-Kekurangan

Ada banyak sekali mobil yang beredar di pasaran. Jika berbicara soal mobil tua, mungkin Volkswagen Beetle atau lebih dikenal dengan nama VW kodok menjadi salah satu yang paling populer. Mobil buatan pabrikan asal Jerman ini memang menjadi salah satu mobil paling terkenal.

Salah satu faktornya adalah tampilan yang khas. Melihat sejarahnya, mobil VW kodok ini pertama kali hadir pada 1938. Sedangkan di Indonesia mobil ini hadir sekitar tahun 1940-an. Pada mulanya mobil ini mengandalkan mesin berkapasitas 1.100 cc dengan output daya sebesar 30 hp pada 3.300 rpm dengan torsi puncak 68 Nm pada 2.000 rpm.

Lalu sekitar tahun 1966 mesin tersebut digantikan dengan mesin 1.200 cc. Tenaganya lebih besar dari sebelumnya, yakni 40 hp. Lalu untuk kompresi mesinnya 7:1. Ada beberapa varian VW Kodok yang diperkenalkan. Mulai dari 1200, 1300 hingga super beetle.

Banyaknya varian yang bisa dipilih menjadi salah satu keunggulan dari VW Kodok. Dengan begitu konsumen bisa memilih mana yang sesuai dengan keinginan. Selain itu kelebihan lainnya adalah desain yang unik. Tampilan mobil ini terkesan serba membulat yang dikemas dalam dimensi kecil.

Di samping itu VW Kodok mempunyai mesin yang diletakkan di belakang. Tenaga yang dihembuskan langsung disalurkan ke roda sehingga distribusi daya lebih efektif. Selain mempunyai kelebihan, rupanya juga ada beberapa kekurangan dari mobil VW ini.

Salah satunya adalah mesin yang mudah terbakar. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti overheat atau kepanasan. Pemasangan distributor dan alternator yang terlalu dekat juga membuat risiko mesin terbakar lebih besar.

Selain itu VW Kodok membutuhkan perawatan ekstra, terlebih jika usianya sudah tua. Kekurangan lainnya adalah suara mesin yang terlalu keras. Alhasil kenyamanan pengguna menjadi berkurang.

Walaupun mempunyai beberapa kekurangan, kepopuleran VW Kodok tetap terjaga hingga saat ini. Sebenarnya sudah ada VW Kodok terbaru yang hadir di pasaran. Akan tetapi juga ada masyarakat yang memilih VW Kodok keluaran lama.

Jika ingin membeli VW Kodok bekas, jangan lupa untuk mengecek komponen-komponen mobil pilihan Anda. Pastikan mobil masih dalam keadaan layak jalan. Selain itu yang tak kalah penting adalah mencari informasi seputar harga mobil VW di pasaran. Harga VW Kodok bervariasi, tergantung tipe yang Anda pilih.

Jika membeli VW Kodok seken, harganya pun juga bisa berbeda-beda. Maka dari itu sebagai gambaran Anda bisa menyimak harga VW Kodok berikut ini.

Daftar Harga VW Kodok

  • VW Kodok Manual 1968: Rp 12,3 juta
  • VW Kodok 1,3 L 1968: Rp 30  juta
  • VW Kodok 1,3 L 1961: Rp 31 juta
  • VW Kodok Manual 1976: Rp 35 juta
  • VW Kodok 1,2 L 1974: Rp 49 juta
  • VW Kodok 1,2 L 1974: Rp 61 juta
  • VW Kodok Manual 1974: Rp 80 juta
  • VW Kodok 1,3 L 1976: Rp 85 juta
  • VW Kodok S 1,3 L 1986: Rp 90 juta

Kelebihan dan Kekurangan VW Kodok

Kelebihan

Mempunyai Banyak Varian

Salah satu poin plus dari VW Kodok atau VW Beetle adalah pilihan varian yang beragam. Sebab VW rutin menghadirkan pembaruan pada mobil ini dengan beberapa peningkatan. Sehingga tinggal menyesuaikan dengan selera, mana yang lebih menarik.

Tampilan Unik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa VW Kodok mempunyai desain yang tak lazim. Akan tetapi justru karena desain itulah VW Kodok memiliki tempat di hati para pecintanya. Tampilan yang berkarakter pada mobil VW ini berpadu serasi dengan dimensinya yang cukup kecil.

Mesin di Belakang

Mesin mobil VW ini juga berbeda dari mobil pada umumnya. Sebab posisinya berada di belakang. Tujuannya untuk membuat mobil sanggup mengeluarkan tenaga yang lebih besar. Sebab tenaga yang dihasilkan dari mesin langsung disalurkan ke roda belakang tanpa perantara.

Kekurangan

Mesin Mudah Terbakar

Walaupun memiliki kelebihan, VW Kodok juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah mesin yang mudah terbakar. Mengenai hal ini ada satu faktor yang dinilai menjadi biang keladi, yakni mesin yang over heat atau kepanasan.

Pemasangan distributor dan alternator yang terlalu dekat juga menjadi penyebab mesin VW Kodok mudah terbakar. Maka dari itu ketika ingin membeli mobil ini jangan lupa untuk memperhatikan sektor mesin.

Butuh Perawatan Ekstra

Karena sudah berumur, maka perawatan VW Beetle juga harus ekstra. Akan tetapi tenang saja, ada banyak forum pecinta VW Kodok yang bisa Anda masuki untuk bertanya hal-hal seputar mobil ini, termasuk untuk urusan perawatan dan suku cadang.

Suara Mesin Keras

Beberapa pengguna melaporkan bahwa mesin mobil miliknya mengeluarkan suara yang terlalu keras. Alhasil kenyamanan menjadi berkurang. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan perawaan ekstra.

Leave a Comment