Harga Shock Upside Down Lengkap Terbaru di Pasaran

Ada banyak komponen yang disematkan pada sebuah sepeda motor. Fungsinya pun beragam, ada yang bertugas menggerakkan motor, ada juga yang berfungsi membuat motor nyaman ketika dikendarai. Berbicara soal kenyamanan, shockbreaker atau shock absorber merupakan bagian yang membuat motor nyaman saat dipakai. Oleh karenanya komponen ini tidak boleh diabaikan untuk urusan perawatannya.

Untuk diketahui, shock motor merupakan salah satu komponen mekanik yang dibuat untuk memperhalus atau meredam getaran yang ditimbulkan dari getaran kinetik. Komponen ini berbentuk seperti tabung terpisah yang ada di depan dan di belakang kaki-kaki motor. Di dalam komponen tersebut terdapat udara dan cairan minyak yang nantinya getaran dari pegas koil atau pegas daun dilepas dan diubah menjadi energi panas di dalam cairan minyak. Setelah itu di dalam silinder udara, udara yang panas akan dikeluarkan.

Untuk lebih jelasnya, shock motor akan meredam getaran ketika motor melintasi jalanan yang tidak rata atau berlubang. Dengan demikian pengendara tetap akan merasa nyaman karena tidak timbulkan hentakan atau getaran yang keras. Di sisi lain shockbreaker juga berfungsi untuk menjaga kestabilan motor ketika di jalan.

Maka dari itu ada pula pemilik sepeda motor yang melakukan modifikasi dengan mengganti shock bawaan dengan shock aftermarket. Tujuannya bisa beragam, seperti supaya redamannya lebih baik atau agar mendapatkan kestabilan yang lebih mumpuni. Shock motor terdiri dari beberapa macam.

Oleh karenanya pembeli dapat memilih mana yang sesuai dengan keinginannya. Tidak hanya itu, merek shock motor di pasaran juga terbilang banyak. Masing-masing punya model dan harga shock yang berbeda. Karena banyaknya shock yang ada di pasaran, untuk kali ini kami akan bahas khusus shock upside down motor.

Mengapa shock ini dipilih? Salah satu alasannya karena shock USD cukup diminati oleh masyarakat. Tidak hanya performanya yang baik, shock upside down mempunyai ukuran yang cukup besar sehingga bisa membuat motor terlihat kekar. Menariknya shock motor yang satu ini tidak hanya dikhususkan untuk motor sport, motor trail atau motor gede saja.

Motor matic atau motor bebek juga bisa menggunakan shock upside down ini. Akan tetapi untuk urusan harga shock upside down memang sedikit mahal. Akan tetapi tetap bisa menjadi pilihan menarik bila Anda ingin mempermanis tampilan motor atau membuatnya terlihat lebih gagah. Silakan simak daftar harga berikut ini.

Harga Shock Upside Down Terbaru

1. Harga Shock Upside Down Nmax

Tipe Shockbreaker Harga
Harga Upside Down Ride It Rp 2.750.000
Harga Upside Down Fast Bike Rp 800.000
Harga Upside Down Full CNC Rp 1.000.000
Harga Upside Down DY Rp 975.000

2. Harga Shock Upside Down Yamaha Mio

Tipe Shockbreaker Harga
Harga Upside Down TMT Rp 450.000
Harga Upside Down Full CNC Rp 1.000.000

3. Harga Shock Upside Down Motor Bebek

Tipe Shockbreaker Harga
Harga Upside Down Full CNC Satria FU Rp 1.050.000
Harga Upside Down Full CNC Jupiter MX Rp 1.000.000

4. Harga Shock Upside Down Ninja 250

Tipe Shockbreaker Harga
Harga Upside Down Ohlins Universal Rp 36.500.000
Harga Upside Down Ride It Rp 3.600.000
Harga Upside Down Nui Rp 4.000.000
Harga Upside Down Equinox Rp 4.000.000

5. Harga Shock Upside Down Yamaha R25

Tipe Shockbreaker Harga
Harga Upside Down Ohlins Universal Rp 36.500.000
Harga Upside Down Nui Rp 4.000.000
Harga Upside Down Equinox Rp 4.000.000

6. Harga Shock Upside Down Vixion / Byson / CBR150R

Tipe Shockbreaker Harga
Harga Upside Down Ride It Yamaha Byson / Vixion Rp 2.350.000
Harga Upside Down TBR Yamaha Byson / Vixion Rp 2.400.000
Harga Upside Down Nui Yamaha Byson Rp 2.700.000
Harga Upside Down Nui CBR150R Rp 2.950.000
Harga Upside Down Nui Yamaha Vixion Rp 2.950.000

7. Harga Shock Upside Down KLX

Tipe Shockbreaker Harga
Harga Upside Down CNC Rp 1.300.000
Harga Upside Down Ride It Rp 2.500.000
Harga Upside Down Expedition Rp 2.800.000
Harga Upside Down DBS Rp 1.350.000

Shockbreaker upside down biasanya sering dijumpai pada motor dengan performa tinggi. Akan tetapi saat ini motor sport bermesin 150 cc juga ada yang sudah dilengkapi suspensi tersebut.

Seperti yang diketahui, pada suspensi upside down posisi inner tube atau pipa kecil berada di bagian bawah. Sedangkan outer tube atau pipa yang lebih besar justru diletakkan di atas. Maka dari itu upside down terlihat seperti suspensi konvensional yang dibalik.

Shock upside down menawarkan beberapa kelebihan. Jika diaplikasikan untuk motor sport yang bisa melesat kencang, motor menjadi tidak goyang. Maka dari itu suspensi ini dinilai kurang cocok jika diterapkan pada motor harian yang sering terjebak macet.

Keunggulan tersebut bisa tercapai lantaran posisi tabung atas lebih besar. Posisi tersebut membuat suspensi dapat meredam lebih banyak getaran dibandingkan model teleskopik konvensional. Selain itu shock upside down juga mempunyai kelemahan. Shock ini memiliki bantingan yang lebih keras, terlebih jika melewati jalanan yang rusak.

Alhasil suspensi upside down agak mudah penyok dan patah. Maka dari itu shock upside down tidak cocok untuk semua jenis motor. Motor yang cocok memakai suspensi ini adalah motor yang memiliki bobot ringan.

Kekurangan lain shock upside down adalah harganya yang mahal. Hal ini membuat tidak semua orang bisa membelinya. Meski begitu harus diakui bahwa pemakaian suspensi jenis ini bisa mendongkrak tampilan motor menjadi lebih gagah dan menarik.

Leave a Comment