Harga Kawasaki H2R Terbaru dan Terlengkap 2019

Pabrikan motor tidak hanya fokus menghadirkan motor komuter yang sesuai dengan kebutuhan pasar saja, namun juga menghadirkan sepeda motor dengan performa gahar yang mampu mencuri perhatian. Di dunia ada banyak motor istimewa yang unggul dalam hal performa, desain hingga teknologi canggih dan inovatif.

Salah satu pabrikan yang tercatat mempunyai motor spesial adalah Kawasaki. Produsen kendaraan roda dua asal Negeri Samurai ini pernah menghadirkan Kawasaki Ninja H2. Motor ini digadang-gadang sebagai super sport bike dengan performa yang gahar. Desainnya pun juga terkesan modern dan sporty, tidak seperti motor pada umumnya.

Tidak hanya itu, selain Ninja H2 Kawasaki juga menghadirkan Ninja H2R. Sekilas tidak ada perbedaan pada kedua motor Kawasaki ini. Kawasaki H2R ditujukan khusus untuk balapan. Maka dari itu performanya lebih tinggi dibandingkan Kawasaki H2 yang ditujukan untuk tunggangan jalanan.

Melihat spesifikasinya, Kawasaki Ninja H2R dirancang dengan mengusung rangka trellis. Rangka ini diklaim membuat motor sport Kawasaki itu menghasilkan kestabilan yang maksimal, meski motor dipacu dalam kecepatan tingi. Untuk menunjang performa berkendara, beberapa komponen motor ini terbuat dari bahan dasar serat karbon. Selain itu Kawasaki juga menyematkan 2 buah intake air system yang fungsinya untuk membelah angin sekaligus pendingin mesin.

Melihat tampilannya, Kawasaki H2R mempunyai ukuran panjang 2.070 mm, lebar 770 mm dan tinggi 1.160 mm. Bobot motor ini mencapai 216 kg, sedangkan tangki bahan bakarnya berkapasitas 17 liter. Sedangkan untuk sektor kaki-kaki Kawasaki menyematkan ban 120/60 di bagian depan dan 190/65 di bagian belakang. Ban ini dibalut pelek berukuran 17 inci.

Juga disematkan suspensi fork upside down berukuran 43 mm dan suspensi belakang uni-track with gas charged shock yang siap menjamin performa tetap baik ketika dipakai melesat di lintasan balap. Sementara untuk sistem pengereman mengusung cakram dual disc brake semi floating berukuran 330 mm dengan 4 piston kaliber di bagian depan dan single disc brake 250 mm dengan 2 piston di bagian belakang.

Untuk sektor mesin mengusung 1.000 cc dengan supercharger, 4-stroke, 4-tak in-line. Tneaga yang dihembuskan diklaim mencapai 300 hp dan membuatnya dapat melesat hingga 400 km/jam.

Pemakaian komponen induksi paksa, supercharger atau turbocharger sebenarnya bertujuan untuk menambah daya mesin secara efisien. Induksi paksa udara ke silinder ruang bakar akan membuat udara lebih banyak, sehingga memungkinkan penambahan bahan bakar.

Campuran udara dan bahan bakar yang padat di ruang bakar akan memungkinkan ledakan besar, sehingga menghasilkan daya kuda yang lebih besar. Dengan begitu saat motor bergerak, tidak diperlukan putaran mesin yang lebih tinggi atau bukaan gas yang lebih besar dibandingkan dengan mesin yang sama tanpa dilengkapi turbocharger. Sebuah supercharger dapat memampatkan udara intake lebih tinggi dari tekanan atmosfir.

Beda turbocharger dan supercharger terdapat pada sumber energi yang menggerakkannya. Turbocharger digerakkan oleh aliran gas buang yang menggerakkan sebuah turbin. Ssedangkan supercharger digerakkan secara mekanis lewat sabuk atau rantai oleh crankshaft mesin.

Pada Kawasaki Ninja H2R bilah-bilah impeller pada supercharger digerakkan oleh set gir berupa planetary gear yang dapat meningkatkan putaran dari setp up gear hingga 8.125 kali. Planetary gear dihubungkan dengan rantai ke step up gear. Sedangkan tugas step up gear adalah meningkatkan putaran crankshaft mesin menjadi 1,14 kali. Sehingga jika putaran mesin sekitar 14.000 rpm maka putaran impeller supercharger H2 atau H2R akan menjadi 130.000 rpm.

Dengan berbekal teknologi dan fitur yang canggih, serta performa mesin yang lebih baik, maka wajar bila harga Kawasaki H2R lebih tinggi dari saudara kembarnya yang merupakan versi jalanan. Di pasaran, harga motor Kawasaki ini bisa menembus angka Rp 1 miliar.

Harga Kawasaki H2R

  • Kawasaki Ninja H2R Amerika : US $50,000 (sekitar Rp 606 juta)
  • Kawasaki Ninja H2R Inggris : UK £41,000 (sekitar Rp 779 juta)
  • Kawasaki Ninja H2R Jepang : 5.940.000 Yen (sekitar Rp 726 juta)
  • Kawasaki Ninja H2R Terbaru di Indonesia : Rp 1 miliar

Itulah informasi seputar harga Kawasaki H2R. Banderol harga di atas adalah kisaran, yang berarti belum pasti. Mengenai ketersediaan stok Kawasaki H2R bisa ditanyakan langsung ke dealer resmi terdekat.

Leave a Comment