Harga Honda Forza Indonesia Terbaru dan Review Lengkap

di Indonesia motor matic masih menjadi primadona. Penjualannya masih melambung tinggi, mengalahkan jenis motor yang lain. Bukan tanpa sebab, motor matic alias skuter matik dipilih lantaran mudah untuk dipakai. Pengendara tidak perlu repot-repot memasukkan gigi untuk dapat mengoperasikannya.

Pada mulanya motor matic cenderung mempunyai dimensi yang kompak. Akan tetapi seiring berjalannya waktu pabrikan mulai berkreasi dengan menghadirkan motor matic bongsor. Salah satu yang merasakan kesuksesan dari menjual skutik bongsor adalah Yamaha NMAX. Motor ini laku keras di pasaran, bahkan konsumen sampai rela inden untuk membelinya.

Sebenarnya Yamaha bukanlah satu-satunya pabrikan yang bergelut dengan segmen motor matic bongsor. Rival senegaranya, Honda juga mempunyai beberapa motor matic bongsor. Di Indonesia ada Honda PCX yang mempunyai tampilan seperti NMAX. Selain itu masih ada motor Honda lain yang juga tak kalah menarik. Motor matic itu adalah Honda Forza.

Motor ini mempunyai panjang 2.134 mm, dengan lebar 748 mm dan tinggi 1.452 mm. bobotnya juga cukup berat, yakni mencapai 162 kg. sedangkan ketinggian joknya hanya 780 mm, sehingga bisa cocok dengan konsumen Indonesia yang rata-rata tidak berpostur tinggi.

Melihat desainnya, Honda Forza mengusung tema sporty dan modern. Terlihat adanya guratan tegas dan tajam di beberapa titik yang membuatnya terlihat menarik. Tidak hanya itu, fascia depan juga cukup menarik dengan lampu depan berjenis LED.

Untuk jok pengendara dibuat sedikit lebih rendah dari pembonceng. Kenyamanannya pun terjamin lantaran pijakan yang lebih lebar. Di bagian panel meter terdapat perpaduan analog dan digital. Informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap sehingga memudahkan pengendara selama perjalanan.

Berpindah ke dapur pacu, Honda Forza mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc dengan teknologi SOHC liquid cooled. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 10,5 kW pada 8.750 rpm dengan tosri 12 Nm pada 8.250 rpm. Lalu untuk transmisinya mengandalkan CVT. Meski kapasitas mesinnya tidak terlalu besar, motor matic Honda ini diklaim bisa melesat hingga 120 km/jam.

Lalu untuk sektor rangka Honda Forza memakai tubular steel underbone yang mempunyai handling cukup baik. Untuk suspensi depannya menusung teleskopik berdiameter 33 mm dan bagian belakang twin shock yang dapat diatur hingga 7 tingkatan.

Penasaran dengan harga Honda Forza ini? Di luar negeri harga motor Honda Forza ini mencapai sekitar rp 70 jutaan. Jika dipasarkan di Indonesia, bisa jadi motor ini akan menjadi senjata ampuh Honda untuk melawan Yamaha. Di sisi lain Yamaha punya banyak motor matic bongsor yang dimasukkan dalam keluarga Yamaha MAXI scooters.

Harga Honda Forza

Honda Forza dijual dalam satu varian saja. Harga Honda Forza saat ini mencapai Rp 81.727.000. Harga motor matic Honda ini sempat naik beberapa kali dari harga awal saat pertama kali dirilis yang mencapai Rp 76.500.000 on the road Jakarta.

Tentu saja harga Honda Forza bisa berbeda-beda di setiap dealer. Akan tetapi umumnya selisih perbedaan tersebut tidak terlalu jauh. Anda bisa mencari tahu harga pasaran untuk mengetahui dealer mana yang menawarkan motor Honda ini paling terjangkau.

Sama seperti motor-motor pada umumnya, Honda Forza memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Sebelum memutuskan untuk membelinya pastikan untuk mencermati terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari motor matic premium Honda ini. Lihat pula spesifikasinya dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Sebagai informasi, salah satu keunggulan dari motor ini adalah desainnya yang mewah dan elegan. Sisi bodi juga terlihat lebih kokoh karena dirancang kompak. Di samping itu windshield yang bisa diatur secara elektrik juga menjadi poin plus dari Honda Forza. Performanya sendiri juga tergolong baik.

Hanya saja harus diakui bahwa harga Honda Forza terlalu mahal untuk kelasnya. Wajar, sebab motor Honda ini sendiri didatangkan utuh alias CBU dari Thailand. Kekurangan lainnya adalah bobotnya yang cukup berat sehingga akan merepotkan pengendara jika dipakai untuk harian. Motor ini sendiri pada dasarnya adalah motor touring.

Leave a Comment