Pengertian Gerbang Logika Dasar Dan Jenisnya


Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NAND (NAND Gate) 

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NAND (NAND Gate)



  1. Gerbang NOR (NOR Gate)

NOR disini memiliki arti NOT OR (BUKAN OR). Jenis gerbang logika yang satu ini merupakan kombinasi dari gerbang OR dengan gerbang NOT sehingga akan menghasilkan kebalikan dari keluaran (output) gerbang OR.

Gerbang logika ini bisa menghasilkan keluaran logika 0 apabila salah satu dari masukan (input) bernilai logika 1. Sementara itu, jika Anda ingin mendapat keluaran logika 1, maka seluruh inputnya harus bernilai logika 0.

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NOR (NOR Gate) 

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang NOR (NOR Gate)

  1. Gerbang X-OR (X-OR Gate)

X-OR merupakan singkatan dari Exclusive OR, dimana jenis gerbang logika ini memiliki 2 masukan (input) dan 1 keluaran (output) logika. Jenis gerbang ini bisa menghasilkan keluaran (output) logika 1 apabila semua masukan-masukannya (input) memiliki nilai logika yang tidak sama. Apabila nilai logika inputnya sama, maka bisa mendapatkan hasil keluaran logika 0.

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang X-OR (X-OR Gate) 

Simbol dan Tabel Kebenaran Gerbang X-OR (X-OR Gate)

  1. Gerbang X-NOR (X-NOR Gate)

Seperti halnya gerbang X-OR, jenis gerbang X-NOR ini juga memiliki 2 masukan (input) dan 1 keluaran (output). X-NOR sendiri merupakan singkatan dari Exclusive NOR dan kombinasi dari gerbang X-OR dengan gerbang NOT.

Jenis gerbang logika ini bisa menghasilkan keluaran (output) logika 1 apabila seluruh inputnya bernilai logika yang sama dan bisa menghasilkan keluaran (output) logika 0 apabila semua inputnya  bernilai logika yang tidak sama. Bisa dibilang jenis gerbang logika ini merupakan kebalikan dari gerbang X-OR (Exclusive OR).



Leave a Comment